FOLLOW US:


Perkembangan Silly Season dan Daftar Peserta MotoGP 2019

08-05-2018 12:15
Perkembangan Silly Season dan Daftar Peserta MotoGP 2019
Perkembangan silly season dan daftar peserta MotoGP 2019 © AFP

Bola.net - Jika membicarakan silly season MotoGP kali ini, KTM tampaknya merupakan pabrikan paling berbahagia sepanjang pekan balap di Jerez, Spanyol. Pabrikan Austria ini telah mengumumkan tiga dari empat rider yang akan mereka naungi tahun depan, yakni Pol Espargaro, Johann Zarco dan Miguel Oliveira.

Espargaro dipastikan bertahan di Red Bull KTM Factory Racing sampai akhir 2020, dan resmi akan bertandem dengan Zarco. Tech 3 yang tahun depan akan menjadi tim satelit KTM, akan menaungi Oliveira, yang saat ini masih turun di Moto2 bersama Red Bull KTM Ajo. Satu rider lagi, bakal lengkaplah skuat Tech 3-KTM tahun depan.

Selain tiga nama di atas, terhitung ada tujuh rider yang sudah memastikan tempat untuk tahun depan. Repsol Honda dipastikan kembali menaungi Marc Marquez, dan masih mempertimbangkan masa depan Dani Pedrosa. Yamaha Factory Racing juga resmi kembali menaungi Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Dani Pedrosa (c) AFP
LCR Honda juga akan tetap dibela Cal Crutchlow, namun belum memastikan apakah mereka akan mempertahankan Takaaki Nakagami. Xavier Simeon juga tetap membela Reale Avintia, dan juara dunia Moto2 2014, Tito Rabat tampaknya akan bertahan bila mampu tampil kompetitif sampai akhir musim.

Morbidelli yang merupakan juara dunia Moto2 2017, terikat kontrak dengan Marc VDS sampai akhir 2019, meski tim Belgia ini belum memutuskan pabrikan mana yang akan mereka ajak kerja sama tahun depan. Marc VDS juga belum memastikan siapa yang akan jadi tandem Morbidelli nantinya.

Bagnaia yang saat ini tengah memimpin klasemen Moto2, telah menandatangani kontrak berdurasi dua tahun dengan Pramac Racing. Namun tim asal Sienna, Italia ini belum mau bicara banyak soal calon tandemnya. Hasil gemilang selama empat seri pertama musim ini membuat kursi Jack Miller berpeluang aman tahun depan.

Jorge Lorenzo (c) AFP
Di sisi lain, hingga kini Ducati Corse belum juga menentukan dua rider mereka. Andrea Dovizioso dikabarkan masih tawar-menawar nilai kontrak, sementara Jorge Lorenzo sangat santer dikabarkan tengah melakukan negosiasi dengan Suzuki Ecstar usai kesulitan beradaptasi dengan Desmosedici sejak 2017.

Negosiasi Lorenzo-Suzuki pun mengancam posisi Andrea Iannone, meski rider Italia ini sukses merebut podium di Austin dan Jerez. Alex Rins yang masih berusia 22 tahun berpeluang lebih besar bertahan di Suzuki, mengingat pabrikan Jepang ini bertekad melibatkannya dalam proyek jangka panjang.

Aprilia Racing Team Gresini diperkirakan akan tetap menaungi Aleix Espargaro demi mempertahankan stabilitas pengembangan RS-GP, meski belum diketahui rencana apa yang akan mereka lakukan soal masa depan runner up Moto2 2013, Scott Redding.

Angel Nieto Team yang saat ini masih menaungi Alvaro Bautista dan Karel Abraham juga belum menentukan komposisi pembalap tahun depan, mengingat tim asal Valencia, Spanyol ini tengah menunggu keputusan Yamaha dalam memilih tim satelit.

Daftar sementara peserta MotoGP 2019:

Repsol Honda

Marc Marquez (sampai akhir 2020 - kontrak pabrikan)

Yamaha Factory Racing

Maverick Vinales (2020 - pabrikan)

Valentino Rossi (2020 - pabrikan)

KTM Factory Racing

Johann Zarco (2020 - pabrikan)

Pol Espargaro (2020 - pabrikan)

LCR Honda

Cal Crutchlow (2019 - pabrikan)

Marc VDS Racing

Franco Morbidelli (2019)

Pramac Racing

Francesco Bagnaia (2020 - pabrikan)*

Avintia Racing

Xavier Simeon (2019)

Tech 3 Racing

Miguel Oliveira (2019 - pabrikan)*

*) debutan