FOLLOW US:


Petronas SRT Janjikan Valentino Rossi Atmosfer 'Profesional Tapi Santai' di MotoGP 2021

17-01-2021 12:04

 | Anindhya Danartikanya

Petronas SRT Janjikan Valentino Rossi Atmosfer 'Profesional Tapi Santai' di MotoGP 2021
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi © Facebook/Petronas Yamaha SRT

Bola.net - Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, menjanjikan atmosfer yang sama profesionalnya dengan Monster Energy Yamaha kepada Valentino Rossi di MotoGP 2021. Razali juga memastikan beban di tim satelit bakal ringan hingga Rossi juga jadi bisa bekerja lebih santai. Hal ini ia sampaikan via GPOne, Jumat (15/1/2021).

Dalam wawancara ini, Razali mengaku sangat semangat menyambut tantangan menaungi seorang sembilan kali juara dunia seperti Rossi, yang uniknya akan bertandem dengan Franco Morbidelli, yang merupakan anak didiknya sendiri di VR46 Riders Academy dan lebih 'senior' di SRT karena sudah membela tim tersebut sejak 2019 lalu.

Tahun 2021 pun menjadi penanda pertama kalinya bagi Rossi membela tim satelit sejak GP500 2001. Kala itu, rider Italia ini membela Nastro Azzurro Honda dan menyabet gelar dunianya yang pertama di kelas para raja. Juga seperti 2001, kali ini Rossi akan tetap mendapatkan dukungan teknis mumpuni, yakni YZR-M1 spek pabrikan.

1 dari 3

Valentino Rossi Layak Lanjutkan Kariernya

Valentino Rossi Layak Lanjutkan Kariernya
Team Principal Petronas SRT, Razlan Razali © SRT

Razali pun yakin kombinasi Rossi dan Morbidelli bakal menyenangkan bagi timnya, dan ia yakin keduanya akan saling memotivasi untuk tampil baik, seperti halnya saat berlatih bersama. "Saya rasa menyenangkan punya 'rookie' seperti Vale ditandemkan dengan Franky. Saya yakin ini bakal jadi tahun yang menyenangkan bagi kami," ujarnya.

Razali pun merasa terhormat Rossi ingin membela timnya. Pada awal 2020, Rossi mengaku yakin Fabio Quartararo memang layak menggantikannya di tim pabrikan, tapi ia sendiri juga tak keberatan dipindahkan ke SRT karena tim itu sudah terbukti profesional dan kompetitif meski baru dua musim turun di MotoGP.

"Kami ingin berterima kasih kepada Vale atas kepercayaannya kepada kami. Sekali lagi, keputusan kami bekerja sama tidaklah gamblang, karena Anda tahu rider seperti Vale memang layak melanjutkan kariernya, terutama di tengah pandemi seperti ini," lanjut pria asal Malaysia yang juga eks CEO Sirkuit Sepang ini.

2 dari 3

Ingin Rossi Kompetitif Sambil Senang-Senang

Di lain sisi, Razali juga tak memungkiri timnya sangat ingin Rossi tampil jauh lebih kompetitif dari tahun lalu, di mana ia hanya meraih satu podium. Atas alasan ini, Razali menjanjikan atmosfer yang profesional padanya, namun juga ingin memberikan suasana santai agar Rossi juga tak tertekan dalam kewajiban meraih hasil mentereng.

"Kami ingin ia tetap kompetitif sambil bersenang-senang. Ia telah berada di tim pabrikan nyaris sepanjang kariernya. Saya rasa kariernya serba atmosfer pabrikan, tapi kami akan memberikan hal yang sama. Kami sangat profesional, namun tanpa tekanan seperti di tim pabrikan. Saya rasa ia sudah cari tahu dari Franky soal suasana tim kami," tutup Razali.

Meski belum diketahui kapan Petronas Yamaha SRT akan menggelar peluncuran tim, Rossi akan mulai bekerja sama dengan tim barunya dalam uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret mendatang.

Sumber: GPOne

3 dari 3

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021