Portimao Menuntut Fisik, Marc Marquez Tetap Pede Berkat Performa Garang di Austin

Anindhya Danartikanya | 20 April 2022 09:06
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Marc Marquez memang dilanda kendala fisik belakangan ini, dan ia sadar betul bahwa Sirkuit Algarve, Portimao, yang menggelar MotoGP Portugal pada 22-24 April 2022 nanti bakal sangat menantang kebugarannya. Namun, lewat rilis resmi Repsol Honda, Selasa (19/4/2022), ia mengaku tetap bersemangat.

Hal ini disebabkan performanya yang sangat mentereng dalam MotoGP Austin dua pekan lalu. Dalam balapan itu, Marquez merasa sangat lemah dan mudah lelah karena tak berlatih fisik secara intensif selama tiga pekan gara-gara cedera diplopia yang ia alami usai kecelakaan hebat di Mandalika, Indonesia.

Kendala fisiknya juga ditambah kendala teknis yang dialami RC213V saat start, sehingga ia melorot ke posisi 24 alias terbuncit. Uniknya, ia mampu gaspol, menyalip begitu banyak pembalap, dan akhirnya finis keenam. Para rivalnya bahkan yakin, andai startnya tak bermasalah, Marquez mungkin bisa memenangi balapan itu.

1 dari 2 halaman

Akui Awali Musim dengan Cara Tak Sempurna

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Marquez juga mengakui bahwa finis keenam di Austin membuat motivasinya kembali terlecut, karena ia jadi menyadari bahwa potensinya bertarung di papan atas masih ada. Kini, ia pun berharap bisa mengulangnya di Portimao, yakni trek yang belum pernah ia menangi sejak bergabung dengan kalender MotoGP pada 2022.

"Saya menanti untuk berkendara di Portugal. Itu adalah sirkuit yang menuntut fisik, namun juga sangat menyenangkan sebagai tempat berkendara. Di Amerika, kami menunjukkan kecepatan kami dan apa yang bisa kami lakukan, meski tak semuanya berjalan sempurna," ungkap sang delapan kali juara dunia.

"Saya ingin bertarung lagi di papan atas, dan meraih poin-poin baik usai tak mengawali musim ini dengan cara terbaik. Kami harus fokus diri sendiri dan motor agar meraih performa maksimal kami. Namun, saya tahu saya dan Honda tengah bekerja keras," lanjut pembalap Spanyol berusia 29 tahun ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Baik Pol Espargaro

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) AP Photo

Harapan baik juga diungkapkan sang tandem, Pol Espargaro. Ia mengaku sangat ingin tampil gemilang di Portimao. Pasalnya, usai finis ketiga di Qatar, Espargaro mendapati performanya naik turun dan sulit bertarung di papan atas. Ia bahkan beberapa kali kecelakaan.

"Kembali ke Eropa, saya harap bisa reset sedikit dan menemukan apa yang kami punya pada awal musim. Usai Qatar, situasinya tampak berlawanan dengan kami. Namun, masih banyak balapan tersisa dan tugas yang harus dikerjakan. Portimao adalah trek yang saya suka, jadi saya punya harapan baik dengan Honda terbaru akhir pekan ini," tutupnya.

Saat ini, Espargaro dan Marquez masing-masing berada di peringkat 11 dan 13 pada klasemen pembalap dengan koleksi 23 dan 21 poin.

Sumber: Honda Racing Corporation

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR