FOLLOW US:


Pujian dan Kritik Valentino Rossi untuk Sachsenring

29-07-2016 12:30
Pujian dan Kritik Valentino Rossi untuk Sachsenring
Valentino Rossi © Yamaha MotoGP
Bola.netBola.net - Setelah hanya mampu finis kedelapan di MotoGP Jerman yang digelar di Sirkuit Sachsenring dua pekan lalu, pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi memberi pujian dan kritik soal sirkuit tersebut. Kepada Speedweek, Rossi mengaku menyukainya, namun jengkel pada bahaya yang tersaji.

Menurut The Doctor, layout Sachsenring memang cukup unik. Dengan lebar 12 m dan panjang 3,7 km, lintasannya merupakan lintasan terpendek dalam kalender MotoGP. Dengan 10 tikungan kiri dan tiga tikungan kanan, Rossi pun menyebut sirkuit ini juga menuntut kondisi fisik pebalap.

"Sachsenring cukup unik, sangat sempit, terutama di sektor pertama. Tak ada sirkuit selain Sachsenring di mana Anda menghabiskan 25 detik dengan posisi miring ke kiri. Sirkuit ini juga menuntut kondisi fisik. Ini begitu sulit. Sangat melelahkan harus melaju selama 30 lap," ujar Rossi.

Jorge Lorenzo saat melaju di Sachsenring (c) Yamaha MotoGP
Pebalap juga selalu mengeluhkan tingkat keselamatan. Mereka tak menyukai Tikungan 11, tikungan kanan yang hadir setelah tujuh tikungan kiri. Tikungan ini mengalir turun cukup curam hingga disebut 'Waterfall'. Meski begitu para rider mengaku bukanlah bentuk tikungan yang membahayakan, melainkan sisi kanan ban yang dingin setelah lebih banyak miring ke kiri.

"Secara keseluruhan, Sachsenring tidak buruk. Masalah terbesarnya adalah kami harus melaju ke kiri, ke kiri dan ke kiri. Selama 25 detik kami harus miring ke kiri dan tiba-tiba sampai di Tikungan 11 yang melaju ke kanan. Ini menakutkan!" tutur sang sembilan kali juara dunia ini.

"Setiap kali kami melaju di sana, pasti ada bendera kuning, pasti ada pebalap terjatuh. Ini tidak menyenangkan. Setiap melaju di sana, perut Anda pasti sakit karena takut. Jika Anda mengambil risiko di sana, sudah pasti jatuh. Tikungan 11 sungguh menyebalkan, tapi sektor lain baik-baik saja. Saya menyukainya," tutupnya.