Repsol Honda Bantah Bakal Panggil Iker Lecuona Sebagai Pengganti Marc Marquez

Anindhya Danartikanya | 22 Juni 2022 15:00
Pembalap Team HRC WorldSBK, Iker Lecuona (c) HRC

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, membantah rumor bahwa pihaknya akan memanggil Iker Lecuona sebagai pengganti Marc Marquez di MotoGP 2022 meski Stefan Bradl belum juga meraih poin. Hal ini dikatakan Puig kepada Speedweek pada Rabu (22/7/2022).

Seperti yang diketahui, Marquez lagi-lagi harus absen lama akibat operasi keempat pada tulang lengan atas (humerus) kanannya di Minnesota, Amerika Serikat, awal Juni. Tak diketahui kapan pulih dan bisa kembali berlaga, sang delapan kali juara dunia pun digantikan sementara oleh Stefan Bradl.

Bradl yang menjabat sebagai test rider Honda sejak 2018, juga berperan sebagai rider pengganti jika ada rider Honda yang harus absen. Musim ini, ia sudah menjalani wildcard di Seri Jerez, Spanyol, dan sudah menggantikan Marquez di Seri Argentina, Catalunya, dan Jerman.

1 dari 2 halaman

Digaet Khusus untuk Program WorldSBK

Pembalap Team HRC WorldSBK, Iker Lecuona (c) HRC

Meski begitu, dalam empat balapan yang dijalaninya, Bradl selalu gagal meraih poin, dua di antaranya akibat gagal finis. Pada sela pekan balap di Jerman, mendadak muncul gosip bahwa Repsol Honda akan memanggil rider Team HRC WorldSBK yang juga eks rider MotoGP, Iker Lecuona.

"Sama sekali tak ada masalah. Toh Iker telah digaet oleh Honda untuk kejuaraan lain. Ia berkendara di WorldSBK dan ia tak tampil buruk di sana. Ia berada di peringkat kelima pada klasemen pembalap," ungkap Puig soal pembalap Spanyol berusia 22 tahun itu.

Selama dua tahun di MotoGP, Lecuona sangat sulit tampil kompetitif bersama Tech 3 KTM. Namun, sekalinya pindah ke WorldSBK musim ini, ia tampil sangat garang. Dalam 4 seri dan 12 balapan pertama, ia selalu berhasil finis di 10 besar. Ia bahkan naik podium di Race 2 Assen, Belanda.

2 dari 2 halaman

Bisa Diikutkan dalam Tes Tertutup

Pembalap Team HRC WorldSBK, Iker Lecuona (c) HRC

Meski memuji kiprah Lecuona di WorldSBK, Puig mengaku skuadnya tak berencana memanggilnya. "Sudah jelas, jika Stefan jatuh, cedera, dan kami tak punya rider kedua, maka saya tak tahu apa yang harus kami lakukan. Tapi bukan rencana kami membawa Iker ke MotoGP. Kami tak memikirkannya," ujarnya.

"Namun, tak ada salahnya meminta Iker berpartisipasi di tes tertutup MotoGP. Seorang pembalap pengganti juga bisa dibutuhkan untuk LCR Honda. Namun, kami tak punya rencana menggelar tes MotoGP untuk Iker dalam waktu dekat," pungkas eks pembalap GP500 ini.

Saat ini, Lecuona berada di peringkat kelima pada klasemen pembalap dengan 99 poin dan jadi rider Honda terbaik di WorldSBK. Ia tertinggal 121 poin dari rider Aruba.it Racing Ducati, Alvaro Bautista, yang ada di puncak.

Sumber: Speedweek

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR