Repsol Honda Tepis Rumor Bakal Depak Pol Espargaro di MotoGP 2023

Anindhya Danartikanya | 10 Februari 2022 11:25
Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) HRC

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, menepis rumor yang menyebutkan pihaknya berencana mendepak Pol Espargaro di MotoGP 2023. Lewat Crash.net pada Rabu (8/2/2022), Puig menyatakan rumor-rumor tersebut sama sekali tidak penting, dan pihaknya memilih fokus membantu Polyccio tampil apik pada 2022.

Espargaro memang secara mengejutkan memilih pindah ke Repsol Honda pada awal 2021 usai jadi ujung tombak KTM selama empat tahun, di mana ia meraih banyak podium. Mengendarai RC213V, Espargaro nyatanya justru mengalami performa yang naik turun. Ia hanya meraih satu pole dan satu podium.

Sejak Desember 2021, muncul gosip bahwa Honda Racing Corporation (HRC) bernegosiasi dengan juara dunia 2020, Joan Mir, dan juara dunia 2021, Fabio Quartararo. Mir diketahui merupakan opsi pertama Repsol Honda untuk 2019, sebelum mereka memilih Jorge Lorenzo dan Mir memilih membela Suzuki Ecstar.

1 dari 2 halaman

Dukung Pol Espargaro 100%

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) HRCPembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) HRC

Puig sendiri mengaku Honda tak menggubris rumor ini. "Kami tak pernah mendengarkan komentar-komentar itu. Kami super fokus dengan Pol dan ia merupakan pembalap kami tahun ini. Kami akan mendukungnya 100% dan membantunya meraih hasil sebaik mungkin. Semua rumor ini, kepentingannya nol besar," tutur nya.

Puig juga menjelaskan sekali lagi bahwa pihaknya menggaet Espargaro dengan alasan rider Spanyol tersebut punya banyak pengalaman, mengingat ia pernah tiga tahun membela Yamaha dan empat tahun membela KTM, serta terbukti bisa tampil di papan atas dan memperebutkan posisi-posisi penting.

"Kami harap Pol bisa balapan dengan tujuan menang, posisi-posisi top. Ini alasan kami mengontraknya. Ia cepat, punya pengalaman, dan bukan lagi anak-anak. Jadi, sudah jadi tugasnya balapan di posisi top, meski tahun lalu situasi yang ia hadapi berbeda dari ekspektasi dan ia butuh waktu memahami motor kami," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Honda Hanya Gaet Pembalap Papan Atas

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) HRCPembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) HRC

Puig juga menegaskan bahwa Espargaro sejatinya sudah menunjukkan kemajuan besar sejak uji coba tengah musim di Misano, Italia, pada September 2021, yakni trek di mana ia meraih podium usai finis kedua di belakang sang tandem, Marc Marquez, dalam MotoGP Emilia Romagna.

"Sepanjang tahun, kami mengalami perubahan, dan ia mendapatkan kemajuan besar di Misano demi memahami motornya. Kami juga menyadari bahwa dalam uji coba itu, sejak itu, ia terus mengalami peningkatan," ungkap Puig, yang juga eks pembalap GP500 ini.

"Pol menjalani musim dingin yang baik meski sempat kecelakaan di Valencia. Ia termotivasi, dan kami berharap ia bisa bertarung di posisi-posisi yang baik. Honda selalu mencari pembalap yang bertarung di papan atas, dan atas alasan itulah kami mengontraknya," pungkasnya.

Sumber: Crashnet

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR