FOLLOW US:


Scuderia AlphaTauri Diluncurkan, Pakai Corak Baru Jelang Formula 1 2021

19-02-2021 17:18

 | Anindhya Danartikanya

Scuderia AlphaTauri Diluncurkan, Pakai Corak Baru Jelang Formula 1 2021
Scuderia AlphaTauri 2021 © Scuderia AlphaTauri

Bola.net - Setelah McLaren F1 Team, Scuderia AlphaTauri pun menjadi tim Formula 1 kedua yang meluncurkan skuadnya menjelang musim 2021, yakni pada Jumat (19/2/2021). Tim yang bermarkas di Faenza, Italia, ini pun meluncurkan mobil AT02, sekaligus memperkenalkan Pierre Gasly, yang kini akan bertandem dengan Yuki Tsunoda.

Sebelumnya bernama Scuderia Toro Rosso, ini adalah tahun kedua skuad tersebut bernama Scuderia AlphaTauri. Tahun ini, mereka tetap menggunakan power unit dari Honda, dengan corak mobil yang kini didominasi oleh biru gelap, usai sebelumnya didominasi warna putih.

Tahun 2021 pun akan jadi tahun kelima Gasly di F1, dan tahun kelimanya pula di AlphaTauri, meski sempat membela Red Bull Racing selama setengah musim pada 2019. Musim lalu, Gasly menggebrak dengan kemenangan besar di Sirkuit Monza, Italia.

Usai mendepak Daniil Kvyat, kini AlphaTauri menggaet pembalap asal Jepang, Yuki Tsunoda, yang musim lalu menduduki peringkat 3 di klasemen akhir Formula 2. Pembalap berusia 20 tahun ini pun jadi pembalap pertama dari era milenium yang berlaga di F1.

1 dari 2

Pernyataan Resmi Team Principal Scuderia AlphaTauri, Franz Tost

Pernyataan Resmi Team Principal Scuderia AlphaTauri, Franz Tost
Yuki Tsunoda dan Pierre Gasly © Scuderia AlphaTauri

"Pada 2020, Scuderia AlphaTauri merupakan tim papan tengah, dan kami bertarung dengan sukses melawan tim-tim lain seperti McLaren, Renault, dan Racing Point. Namun, target kami tahun ini adalah tampil konsisten di bagian depan papan tengah ini dan memperbaiki diri lebih jauh.

"Demi meraih target ini, kami harus menghindari masalah reliabilitas dan finis di semua balapan dalam zona poin. Ini hanya bisa terjadi jika kami tak melakukan kesalahan apa pun. Jadi, kami harus 100% fokus pada tugas kami, balapan demi balapan, di dalam maupun di luar trek, karena para kompetitor kami juga bertarung dengan gigih.

"Kami akan bekerja sebaik mungkin demi menyediakan pertunjukan seru bagi semua penggemar F1, yang saya harapkan bisa kembali sesegera mungkin mengisi tribun-tribun."

Gasly dan Tsunoda akan mengendarai mobil AT02 untuk pertama kalinya dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sakhir, Bahrain, pada 12-14 Maret, sebelum menjalani seri pembuka Formula 1 2021 di trek yang sama pada 26-28 Maret mendatang.

Sumber: Formula 1

2 dari 2

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina