Sengit, Bastianini-Martin Malah Kompak Abaikan Gelar Debutan Terbaik MotoGP 2021

Anindhya Danartikanya | 11 November 2021 13:43
Enea Bastianini dan Jorge Martin (c) Avintia Esponsorama/Pramac Racing

Bola.net - Meski sengit dalam perebutan gelar rookie of the year atau debutan terbaik MotoGP 2021, Enea Bastianini dan Jorge Martin malah kompak tak peduli soal persaingan mereka menjelang Seri Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, 12-14 November. Hal ini mereka sampaikan lewat MotoGP.com pada Senin (8/11/2021).

Masing-masing membela Avintia Esponsorama dan Pramac Racing, Bastianini dan Martin sama-sama membela Ducati namun mengendarai spek motor berbeda. Bestia menaiki Desmosedici GP19 yang berusia dua tahun, sementara Martinator mengendarai GP21 spek pabrikan teranyar. Atas alasan itulah duel mereka ini tak terduga.

Dalam klasemen, Bastianini saat ini berada di peringkat 12 dengan 94 poin, sementara Martin di peringkat 14 dengan 91 poin. Bastianini mengantongi dua podium, sementara Martin meraih tiga podium, yang salah satunya merupakan kemenangan. Valencia pun jadi penentu siapa di antara mereka yang dapat gelar debutan terbaik.

1 dari 2 halaman

Enea Bastianini Fokus Geser Pol Espargaro

Pembalap Avintia Esponsorama, Enea Bastianini (c) Esponsorama Racing

Bastianini tak memungkiri bahwa Valencia, yakni balapan terakhir musim ini, bakal penting baginya demi menyabet gelar debutan terbaik. Namun, target utamanya adalah menduduki peringkat 10 di klasemen, yang saat ini dihuni Pol Espargaro (Repsol Honda) dengan 100 poin.

"Balapan terakhir memang sangat penting untuk merebut gelar debutan terbaik. Namun, ini bukan target utama saya, karena target utama saya adalah terus bekerja dengan baik sepanjang pekan balap demi melaju cepat," ungkap juara dunia Moto2 2020 tersebut.

"Selain itu, peringkat 10 di klasemen sangat dekat dengan genggaman saya. Jadi, saya sangat berharap bisa meraih posisi itu. Saya ingin mencoba tampil kompetitif di Valencia," lanjut pembalap asal Italia berusia 23 tahun ini.

2 dari 2 halaman

Jorge Martin Sudah Puas

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing

Hal senada dilontarkan Martin. Juara dunia Moto3 2018 ini menyatakan bahwa meraih gelar debutan terbaik akan jadi hasil manis. Namun, target utamanya hanyalah menambah koleksi podium di Valencia. Toh dirinya sudah merasa puas atas jalannya musim debut di kelas para raja karena kompetitif di tiap pekan balap.

"Pertarungan kami sangat sengit. Selalu menyenangkan punya tantangan untuk hadapi. Tapi ini tak terlalu penting bagi saya, karena pada akhirnya ini hanya soal statistik. Saya merasa menjalani musim yang sangat baik. Tiap kali finis, saya finis di depan, masuk 10 besar," ungkap pembalap asal Spanyol ini.

"Saya juga kompetitif di kualifikasi dan punya performa yang baik. Kita lihat saja nanti di Valencia, trek yang saya sangat suka. Saya selalu cepat di sana, menang di Moto3 dan Moto2. Balapan di Algarve sulit tapi saya dekat dengan podium, kita lihat saja nanti apakah saya bisa meraih hasil lebih baik," tutupnya.

Sumber: MotoGP

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR