Siap Tinggal di Rumah, Aleix Espargaro Sempat Berfirasat Bakal Didepak Aprilia

Anindhya Danartikanya | 27 Mei 2022 13:36
Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Aleix Espargaro ternyata sempat memiliki firasat buruk soal masa depannya di Aprilia Racing. Kepada The Race pada Kamis (26/5/2022), yakni usai kontrak barunya diumumkan secara resmi, Espargaro menyatakan bahwa ia tadinya siap menerima kenyataan harus tinggal di rumah karena didepak di MotoGP 2023.

Espargaro diketahui sudah bergabung dengan Aprilia sejak 2017, dua tahun setelah pabrikan asal Noale, Italia, ini kembali berlaga di MotoGP. Rider Spanyol tersebut pun menjadi ujung tombak proses pengembangan motor RS-GP, dan musim ini sudah sukses meraih empat podium, termasuk kemenangan besarnya di Argentina.

Sejak kemenangan itu, Espargaro melakukan negosiasi kontrak dengan para bos Aprilia, namun terjadi tarik ulur. Diskusi berjalan alot soal kenaikan gaji, dan Espargaro berkali-kali menyatakan bahwa hasil pertemuan mereka selalu mengecewakan. Meski begitu, Aprilia akhirnya menuruti permintaannya untuk musim 2023 dan 2024.

1 dari 2 halaman

Tak Pernah Main-Main

View this post on Instagram

A post shared by Aprilia (@aprilia)

Espargaro mengaku tak pernah bercanda ketika berkata akan hengkang jika kontraknya tak dipenuhi Aprilia. Ia bahkan mengaku tak sreg ketika Aprilia menggagas ide Instagram Reel di mana ia berakting menolak tawaran kontrak dari CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, sehingga 'digantikan' pembalap Alpine F1 Team, Fernando Alonso.

"Ini tak mudah. Orang-orang pikir saya hanya main-main saat berkata akan hengkang. Namun, situasi saya memang tak jelas. Sebelum tujuh hari yang lalu, saya berfirasat bahwa saya lebih dekat dengan kans tinggal di rumah ketimbang memperpanjang kontrak. Percayalah pada saya. Itulah perasaan saya," kisah Espargaro.

"Pada akhirnya, mereka mengirimkan tawaran kepada saya, tawaran yang sangat meyakinkan saya. Saya pun sangat senang. Saya tahu mungkin seharusnya saya lebih bersabar, namun saya benar-benar mendorong mereka lewat hasil dalam tiga balapan terakhir, di mana saya meraih tiga podium beruntun," lanjut rider 32 tahun ini.

2 dari 2 halaman

Kursi Sudah Aman

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) AP Photo

Espargaro juga maklum bahwa memenuhi permintaannya bukanlah hal mudah bagi Aprilia. Namun, ia sangat bersyukur kesepakatan telah dicapai. Dengan begitu, kursinya di tim pabrikan kini aman dari para pembalap MotoGP lainnya yang sampai kini belum dapat kontrak, contohnya duet Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins.

"Bagi Aprilia, mencapai level kontrak ini sulit. Namun, akhirnya kesepakatan datang dan saya senang. Jika Anda lihat, masih banyak rider kelas dunia di paddock ini yang belum punya kontrak untuk musim depan. Saya tak punya waktu untuk menunggu sampai September. Saya pun sangat berterima kasih kepada Aprilia," tutup Espargaro.

Menjelang MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada 27-29 Mei 2022, Espargaro berada di peringkat kedua pada klasemen pembalap dengan koleksi 98 poin. Ia hanya tertinggal 4 poin dari pembalap Monster Energy Yamaha sekaligus juara dunia bertahan, Fabio Quartararo, yang ada di puncak.

Sumber: The Race

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR