FOLLOW US:


Spies Amati Vinales, Temukan Hal 'Menakutkan'

13-04-2017 16:45
Spies Amati Vinales, Temukan Hal 'Menakutkan'
Maverick Vinales © AFP

Bola.net - Juara WorldSBK 2009 sekaligus eks rider MotoGP, Ben Spies mengaku menemukan hal 'menakutkan' dari rider Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales setelah melihatnya sukses meraih dua kemenangan beruntun di Qatar dan Argentina. Hal ini ia sampaikan dalam percakapan di Twitter dengan crew chief Vinales, Ramon Forcada.

Usai membela Suzuki selama dua musim, Vinales hijrah ke Yamaha tahun ini dan langsung menyapu bersih seluruh uji coba pramusim, serta meraih kemenangan di dua seri pertama. Spies yang juga pernah membela Yamaha Factory Racing pun melontarkan pujian usai Vinales meraih kemenangan di Argentina.

"@maverickmack25 membuat kemenangan ini terlihat seperti dia telah melakukannya beribu-ribu kali," ujar Spies, yang langsung mendapat tanggapan dari Forcada. "Benar. Ia bersikap dewasa seperti orang berusia 30 tahun," ungkap pria asal Spanyol tersebut.

Ben Spies (c) AFP


The Texas Terror pun mengaku takjub pada ketenangan Vinales saat memimpin balapan di Qatar, di mana ia sama sekali tak terlihat ngotot. "Qatar bahkan lebih impresif jika kaulihat ia benar-benar bersabar dan tenang. Kau punya rider yang baik!" tutur Spies pada Forcada.

Pengamat MotoGP ternama, David Emmett pun meyakini bahwa sikap tenang ini memang merupakan senjata utama Vinales, yang tak dimiliki secara alami oleh Marc Marquez. "Kurasa sikap tenang adalah skill yang paling diremehkan dari seorang pembalap motor. Memang berlawanan dengan sikap seorang 'monster', tapi krusial," ungkapnya.

Spies yang merupakan tiga kali juara AMA Superbike pun menyatakan bahwa ketenangan adalah sikap yang jarang ditemukan dari rider berusia 22 tahun. "Tentu, terutama saat seusianya. Melihat caranya berkendara dan bicara, aku sendiri akan gugup, karena ia tahu ia telah memperhitungkan segalanya. Itulah hal yang paling menakutkan," pungkasnya. (twr/kny)