FOLLOW US:


Tak Lagi Balapan, Dani Pedrosa Serius Bantu KTM di MotoGP

25-06-2019 15:30
Tak Lagi Balapan, Dani Pedrosa Serius Bantu KTM di MotoGP
Test rider KTM, Dani Pedrosa © KTM

Bola.net - Usai pensiun dari MotoGP pada akhir musim lalu, Dani Pedrosa mengaku bahwa kehidupannya kini berjalan lebih 'damai', dan dirinya tak perlu lagi menjalani kehidupan yang dipenuhi aturan. Meski begitu, bukan berarti dirinya bertopang dagu dalam menjabat peran sebagai test rider KTM.

Usai 18 tahun bernaung di Honda, Pedrosa memang mengejutkan banyak pihak atas keputusannya menjadi test rider KTM usai pensiun. Usai menjalani uji coba pertamanya dengan motor RC16 di Jerez, Spanyol pada pertengahan Desember lalu, ia kembali menjadi pusat perhatian karena mendadak cedera bahu.

Padahal, Pedrosa dijadwalkan ikut menjalani uji coba pramusim bersama pebalap MotoGP lainnya di Sepang, Malaysia pada awal Februari. Usai masa pemulihan yang cukup panjang, Pedrosa akhirnya kembali turun lintasan di uji coba Catalunya, Spanyol pekan lalu.

"Sebagai test rider, saya punya tugas berbeda dari para rider yang turun balapan. Saya harus mencoba terus mengikuti perkembangan dan perasaan para pebalap. Dengan begitu, saya bisa tahu apa yang harus saya kerjakan saat mengendarai motor mereka," ungkapnya via Catalunya Radio.

1 dari 2

KTM Ingin Maju dengan Pedrosa

Meski merupakan wajah baru di KTM, Pedrosa sangat terlibat dalam proyek RC16. Semua masukannya dipertimbangkan sama seriusnya dengan masukan-masukan dari Pol Espargaro, Johann Zarco, Miguel Oliveira, dan Hafizh Syahrin. Rider Spanyol ini pun mengaku merasa terhormat KTM ingin bekerja sama dengannya.

"Kami harus bekerja keras, dan tim kami bekerja sangat baik, terutama Pol. Ini tahun ketiga KTM di MotoGP, dan mereka belum banyak pengalaman. Mereka ingin berkembang dengan kontribusi saya, tapi cedera membuat saya harus rehat. Saat mulai pulih, saya pergi ke markas untuk bertemu semua orang, melihat cara kerja mereka," ungkapnya.

2 dari 2

Banyak Pengalaman dengan Insinyur Jepang

Pedrosa, yang selama 13 tahun berkarier di MotoGP selalu membela Repsol Honda, tak diragukan lagi punya segudang pengalaman dalam mengembangkan motor unggulan. Meski begitu, ia mengaku harus kembali beradaptasi dengan gaya kerja orang Austria yang memenuhi markas KTM.

"Saya punya banyak pengalaman dengan para insinyur Jepang, tapi kini saya harus adaptasi dengan orang Austria. Orang-orang Jepang suka mencoba semua perangkat, dan biasanya keputusan diambil oleh banyak orang, dan mereka juga punya banyak insinyur," pungkasnya.

Belum diketahui kapan Pedrosa akan kembali menjalani uji coba dengan KTM, namun para rider MotoGP baru akan kembali menjalani uji coba bersama-sama di Automotodrom Brno pada 5 Agustus mendatang, tepat sehari setelah pekan balap MotoGP Ceko digelar.