Tak Lagi Sakit, Marc Marquez Berpotensi Kembali Tampil Normal di MotoGP

Anindhya Danartikanya | 30 Juni 2022 13:52
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC, Instagram/MarcMarquez93

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, kini punya harapan dan optimisme tinggi melihat dirinya kembali tampil normal seperti sediakala di MotoGP. Hal ini ia sampaikan dalam surat terbuka kepada para penggemarnya lewat Box Repsol pada Selasa (28/6/2022), bertepatan dengan peringatan sebulan sejak operasi keempat lengan atas kanannya.

Meski sempat dioperasi tiga kali sejak kecelakaan hebat di Jerez, Spanyol, pada Juli 2020, tulang humerus Marquez tak kunjung pulih dengan signifikan. Operasi keempat akhirnya digelar di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat pada awal Juni. Berbeda dari sebelum-sebelumnya, operasi kali ini memberikan harapan jauh lebih besar.

Para dokter yang menangani Marquez melakukan analisa mendalam pada humerusnya, memahami betul masalahnya, dan menemukan solusi jitu. Operasi 'hanya' berlangsung tiga jam, dan Marquez juga diperbolehkan pulang hanya dua hari setelahnya. Meski masih belum boleh digerakkan, lengan Marquez kini juga tak lagi sakit dan ini tentu jadi hal positif.

1 dari 2 halaman

Tak Lagi Kesakitan, Rasakan Sensasi Baik

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

"Sebelum operasi, saya punya spirit yang baik. Namun, selama beberapa jam setelahnya, saya merasa buruk akibat anestesi dan rasa sakit. Saya mengalami masa-masa buruk selama 2-3 hari. Namun, mengingat ini bukan pertama kali lengan saya dioperasi, saya sudah tahu rasanya. Saya sadar rasa sakit adalah hal normal dan setelahnya akan hilang," kisah Marquez.

Kini Marquez menanti pemeriksaan x-ray yang akan dilakukan dua pekan lagi. Menurut sang delapan kali juara dunia, hasil pemeriksaan ini nantinya akan menentukan metode pemulihan pada lengannya. Saat ini, ia belum sepenuhnya masuk dalam tahap penyembuhan utama, melainkan sekadar berlatih di gym demi menjaga kebugaran tubuh.

"Kini saya merasa oke, karena tak lagi ada rasa sakit. Lengan saya masih tak boleh digerakkan dan saya kini menjalani latihan ringan dengan mobilitas pasif. Saya merasa termotivasi, karena sensasinya baik. Saya bersemangat memulai pemulihan sekalinya para dokter mengizinkan, demi melihat apakah lengan saya bisa bekerja seperti seharusnya," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Sempat Cemas Cuma Bisa Balapan Sampai 2-3 Tahun Lagi

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Marquez juga mengaku senang mendapatkan dukungan moral dari para penggemarnya, begitu juga dari timnya yang dipimpin sang manajer, Alberto Puig. Ia juga mendapatkan banyak saran dari para eks rider GP500, seperti Alex Criville, dan tentunya Mick Doohan, yang pernah mengalami berbagai cedera serius dalam kariernya.

Tak hanya itu, Marquez juga punya motivasi tinggi berkat menyaksikan perjuangan petenis Spanyol, Rafael Nadal, yang belakangan kerap mendapat cedera mengkhawatirkan. Marquez bahkan sempat mendampinginya di turnamen Madrid Masters 1000 dan sangat terinspirasi melihatnya memenangi beberapa turnamen seperti Roland Garros.

"Perasaan saya saat ini adalah punya harapan. Pasalnya, saat berkendara dan berkompetisi, tadinya saya merasa takkan bisa naik motor lebih lama, mungkin hanya 2-3 tahun. Setelah operasi di Rochester, harapan untuk berkompetisi tanpa rasa sakit dan kembali bersenang-senang di atas motor kembali ada," pungkas rider berusia 29 tahun ini.

Sumber: Box Repsol

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR