FOLLOW US:


Tony Arbolino Wajib Karantina, Absen dari Moto3 Aragon Meski Negatif Covid-19

16-10-2020 18:21

 | Anindhya Danartikanya

Tony Arbolino Wajib Karantina, Absen dari Moto3 Aragon Meski Negatif Covid-19
Pembalap Rivacold Snipers Team, Tony Arbolino © AP Photo

Bola.net - Pembalap Rivacold Snipers Team Moto3, Tony Arbolino, dipastikan absen dari Seri Aragon di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol, pada akhir pekan ini, usai dinyatakan wajib menjalani karantina meski hasil tes PCR-nya membuktikan hasil negatif Covid-19, pada Jumat (16/9/2020).

Menurut penjelasan FIM Medical Officer, Giancarlo di Filippo, lewat MotoGP.com, Arbolino melakukan penerbangan dari Prancis ke Italia, Minggu (11/10/2020), dan beberapa hari setelahnya, pihak otoritas kesehatan Italia menghubunginya dan menyatakan bahwa ia duduk berdekatan dengan seseorang yang positif Covid-19.

Arbolino menjalani beberapa kali tes PCR dan hasilnya selalu negatif. Namun, otoritas kesehatan Italia dan Spanyol menyatakan rider berusia 20 tahun itu tetap wajib isolasi mandiri. Mengingat ia sudah telanjur berada di Aragon, maka masa isolasi mandirinya disesuaikan dengan aturan di Spanyol, yakni selama 10 hari.

1 dari 3

Susul Kabar Buruk dari Valentino Rossi

Susul Kabar Buruk dari Valentino Rossi
Pembalap Rivacold Snipers Team, Tony Arbolino © Facebook/Snipers Team

Kasus Arbolino ini menyusul kabar menggemparkan dari Valentino Rossi, yang diketahui positif terinfeksi Covid-19 pada Kamis (15/10/2020) usai menunjukkan gejala. Rossi juga harus absen dari MotoGP Aragon, kemungkinan juga dari MotoGP Teruel pekan depan, dan saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Tavullia, Italia.

"Kasus Tony berbeda dari Vale, karena ia menaiki pesawat dari Prancis untuk kembali ke Italia pada Minggu usai balapan. Setelahnya, ia mendapatkan pemberitahuan dari pihak otoritas Italia bahwa dalam penerbangan itu ia berdekatan dengan seseorang yang dinyatakan positif Covid-19," ungkap Filippo.

"Berdasarkan aturan kesehatan nasional Italia dan Spanyol, ini dinyatakan sebagai kontak serius. Jadi, ia harus menaati aturan isolasi mandiri sesuai yang diberlakukan di Spanyol saat ini, yakni selama 10 hari. Jadi, ia harus absen dari pekan balap kali ini," lanjutnya.

2 dari 3

Protokol Medis MotoGP Sudah Sesuai

Filippo juga menegaskan bahwa FIM dan Dorna Sports telah menjalankan protokol dengan ketat sesuai saran dari otoritas kesehatan setempat, begitu juga protokol medis yang sudah mereka susun sejak musim balap 2020 dimulai pada pertengahan Juli lalu.

"Protokol kami sangat sempurna sesuai rencana. Meski hasil tes Tony selalu negatif, kali ini kami tak punya opsi lain karena adanya aturan yang ketat di negara ini. Atas alasan ini, jika ini dianggap kontak serius, maka kami harus menaati aturan yang ada. Semoga ia membaik untuk ikut balapan berikutnya," tutup Filippo.

Saat ini, Tiger Tony tengah duduk di peringkat keempat pada klasemen pembalap dengan koleksi 115 poin, hanya tertinggal 20 poin dari sang pemuncak, Albert Arenas (Aspar Team) dengan lima balapan tersisa.

Sumber: MotoGP

3 dari 3

Video: Valentino Rossi Positif Terinfeksi Covid-19