Toprak Razgatlioglu ke MotoGP, Dominique Aegerter Naik ke WorldSBK?

Anindhya Danartikanya | 24 Mei 2022 11:17
Toprak Razgatlioglu dan Dominique Aegerter (c) Yamaha Racing

Bola.net - Di tengah maraknya kabar bahwa Toprak Razgatlioglu akan pindah ke MotoGP pada 2023, ada satu rider yang berharap mendapatkan tempat di skuad Yamaha WorldSBK, yakni juara dunia WorldSSP 2021, Dominique Aegerter. Kepada WorldSBK.com, Jumat (20/5/2022), Aegerter mengaku sangat ingin segera naik kelas.

Seperti yang diketahui, Yamaha sangat ingin memindahkan Razgatlioglu ke MotoGP sejak 2020, namun hingga kini usaha mereka belum terwujud. Pada Juni nanti, pembalap Pata Yamaha WorldSBK itu akan menjalani tes tertutup bersama skuad Yamaha MotoGP dan motor YZR-M1 di Aragon, Spanyol, untuk mengevaluasi performanya.

Yamaha Motor Europe (YME) yang memegang kontrak Razgatlioglu selama di WorldSBK, sudah pasrah jika rider Turki itu memang pindah ajang. Sang Road Racing Manager, Andrea Dosoli, bahkan menyebut pihaknya akan segera menyiapkan pengganti untuk El Turco, utamanya Garrett Gerloff yang kini membela GRT Yamaha WorldSBK.

1 dari 2 halaman

Yamaha Akui Tak Ada Tempat bagi Dominique Aegerter

Pembalap Ten Kate Yamaha, Dominique Aegerter (c) Yamaha Racing

Di lain sisi, Aegerter meski sudah berusia 31 tahun, terbukti sebagai pembalap yang sangat matang dan punya segudang pengalaman. "Jika Toprak pergi, kami akan fokus pada salah satu dari para rider Yamaha kami. Pilihan internal akan ditujukan kepada para rider muda," ungkap Dosoli kepada GPOne, Kamis (19/5/2022).

"Garrett mengalami kesulitan tahun lalu, tapi ia bekerja secara bertahap untuk mencari level performanya. Kami menyadari talentanya dan ia telah menunjukkan kualitas pada 2020. Saya juga tahu bertahannya Domi di WorldSSP terasa aneh, sayangnya tahun lalu kami tak punya tempat tersedia untuk 2023," lanjutnya.

Aegerter, yang juga berlaga di MotoE, merasa dirinya sudah layak untuk mendapatkan tempat di WorldSBK. Apalagi, saat ini ia kembali memimpin klasemen WorldSSP dengan margin 44 poin dari rider muda Yamaha lainnya, Lorenzo Baldassarri. Dalam enam balapan pertama musim ini, rider Swiss itu juga lima kali menang.

2 dari 2 halaman

Tak Lagi Muda Tapi Tetap Kompetitif

Pembalap Ten Kate Yamaha, Dominique Aegerter (c) Yamaha Racing

"Saya rasa saya layak naik ke WorldSBK tahun ini, karena saya menjalani musim yang sempurna tahun lalu: meraih 10 kemenangan, naik podium 16 kali, dan mendekati margin 100 poin dari runner up. Sayangnya tak ada tempat kosong. Saya merasa sudah membuktikan bahwa saya juga bisa kembali menjadi kandidat juara dunia," tuturnya.

"Saya harap ada beberapa tim yang melihat kecepatan dan talenta saya. Saya memang rider Swiss dan sudah 31 tahun, tapi terbukti masih bisa cepat. Saya bahagia di Ten Kate Yamaha, mereka percaya pada saya dan memberi saya motor yang baik di WorldSSP. Saya juga sangat fokus pada musim ini, tapi semoga manajer saya bicara dengan tim-tim WorldSBK agar saya bisa naik kelas," tutup Aegerter.

Jika Razgatlioglu memang pindah ke MotoGP dan Gerloff jadi penggantinya, maka GRT Yamaha WorldSBK juga bakal pusing mencari pengganti bagi Gerloff. Sebagai catatan, selain Pata Yamaha dan GRT Yamaha, Yamaha juga memiliki dua tim lain di WorldSBK, yakni Gil Motor Sport Yamaha dan Yamaha MotoXRacing.

Sumber: WorldSBK, GPOne

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR