FOLLOW US:


Tribut dari MotoGP, Empat Motor Hayden 'Hadir' di Mugello

30-05-2017 11:45
Tribut dari MotoGP, Empat Motor Hayden 'Hadir' di Mugello
Nicky Hayden © Motofire

Bola.net - Usai WorldSBK melakoni sesi hening 60 detik untuk mendiang rider Red Bull Honda WorldSBK, Nicky Hayden di Sirkuit Donington Park, Inggris akhir pekan lalu, kini giliran MotoGP yang akan memberikan tribut untuk sang juara dunia MotoGP 2006 di Sirkuit Mugello, Italia akhir pekan ini.

The Kentucky Kid tertabrak oleh mobil saat berlatih sepeda di Rimini, Italia pada 17 Mei lalu, dan dinyatakan mengalami politrauma pada dada dan kepala hingga otaknya mengalami kerusakan serius. Hayden pun meninggal dunia di Maurizio Bufalini Hospital, Cesena, Italia pada 22 Mei.

Upacara pemakaman telah digelar di Gereja St. Stephen Cathedral yang terletak di kota kelahiran dan tempat tinggal Hayden, Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat pada hari Senin (29/5). Dalam upacara ini, seluruh anggota keluarga Hayden beserta kerabatnya hadir, begitu pula beberapa pembalap seperti Toni Elias, Colin Edwards dan Brad Baker.

Empat motor Nicky Hayden selama berkarir di MotoGP dan WorldSBK.
Menurut Autosport, empat motor balap yang dikendarai Hayden selama berkarir di kejuaraan dunia akan dipamerkan di Mugello, yakni motor Honda RC211V yang mengantarnya merebut gelar dunia MotoGP 2006, salah satu motor Desmosedici yang ia kendarai selama lima tahun membela Ducati, motor Open Honda RC213V-RS dari Aspar Team dan CBR1000RR dari Red Bull Honda WorldSBK.

Usai menjadi juara termuda AMA Superbike pada 2002, Hayden menjalani debut MotoGP pada 2003 bersama Repsol Honda sebelum merebut gelar dunia pada 2006. Pada 2009, ia pun hijrah ke Ducati Corse dan membela Aspar Team di atas motor Honda pada 2014-2015. Rider berusia 35 tahun ini pun memutuskan pindah ke WorldSBK pada 2016 untuk membela Honda Pro Racing.