Unik! Valentino Rossi Dihadiahi Helm Terbesar di Dunia, Tribut dari Kota Pesaro

Anindhya Danartikanya | 26 Juli 2022 13:03
Valentino Rossi mendapatkan tribut berupa helm raksasa di Pesaro, Italia. (c) Yamaha, Instagram/ValeYellow46

Bola.net - Kota Pesaro, Italia, memberikan tribut yang unik kepada MotoGP Legend sekaligus sembilan kali juara dunia, Valentino Rossi, berupa instalasi helm terbesar di dunia. Peresmian instalasi ini digelar pada Senin (25/7/2022), dan dihadiri oleh Rossi sendiri, dan sang kekasih, Francesca Sofia Novello.

Rossi menjadi ikon MotoGP dan dicintai banyak orang tak hanya karena prestasi yang apik, melainkan juga berkat karakternya yang flamboyan. Ia pun pensiun dari MotoGP pada akhir 2021 dalam usia 42 tahun. Namun, fansnya masih memenuhi tribun sirkuit MotoGP dan GT World Challenge Europe.

Sejak pensiun, Rossi banjir tribut dari berbagai pihak. Namun, tribut dari Kota Pesaro ini tak biasa. Pasalnya, tribut ini berupa instalasi raksasa yang berbentuk helm balap Rossi sendiri. Helm itu memakai versi tema 'SoleLuna' (matahari dan bulan) yang dipakai Rossi pada tahun-tahun terakhirnya di MotoGP.

1 dari 2 halaman

Pecahkan Rekor Guinness Book

Instalasi helm raksasa Valentino Rossi di Pesaro, Italia (c) Instagram/ValeYellow46Instalasi helm raksasa Valentino Rossi di Pesaro, Italia (c) Instagram/ValeYellow46

Helm raksasa ini dibuat di Riccione dan diletakkan di area outdoor Piazza D'Annunzio. Helm ini memiliki tinggi 4 meter dan lebar 6 meter karena Kota Pesaro juga ingin memecahkan rekor Guinness Book. Tak hanya itu, bagian visornya juga merupakan hasil cetak 3D holografi, sehingga tampak seperti visor helm sungguhan.

Walikota Pesaro, Matteo Ricci, mengaku merasa bangga atas instalasi ini. "Pesaro adalah kota Vale dan ini adalah tribut besar untuk kariernya. Valentino Rossi adalah legenda dunia, salah satu atlet terkuat pada masa ini. Kami pun bangga bisa mendedikasikan helm ini untuknya," ujarnya via La Gazzetta dello Sport.

Rossi sendiri merasa takjub mendapatkan tribut ini, karena selain unik, Pesaro juga merupakan kota yang lekat di hatinya. Pasalnya, sang ayah, Graziano Rossi, lahir di kota tersebut. Meski Rossi lahir di Urbino dan tumbuh dewasa di Tavullia, Pesaro bagaikan rumah kedua bagi bapak satu putri tersebut.

2 dari 2 halaman

Ingin Fans Beralih Dukung Para Rider VR46

Legenda MotoGP sekaligus 9 kali juara dunia, Valentino Rossi (c) AP Photo

"Saya selalu suka helm, dan ini ide yang sangat bagus. Kami pakai desain ini karena ini desain terbaik. Selain itu juga ada nama saya, jadi Anda pasti tahu ini milik saya. Terima kasih kepada semua orang yang mengerjakan proyek ini dan semua orang yang sudah datang. Helm ini cantik, saya sangat suka. Ini kehormatan besar," ujar Rossi.

"Saya adalah fans berat motor dan saya senang karena, berkat karier saya, banyak orang jadi suka balap motor. Orang-orang mengikuti balap motor dari dekat dan kini ada banyak rider muda di MotoGP yang balapan untuk tim saya. Saya pun berharap fans saya tetap menonton MotoGP dan menyemangati mereka," tutupnya.

Selama berkarier di Grand Prix, Rossi tak hanya mengoleksi 9 gelar dunia, melainkan juga 235 podium yang termasuk dari 115 kemenangan. Rossi pun terhitung meraih 199 podium dan 89 kemenangan selama berlaga di kelas para raja (GP500/MotoGP).

Sumber: La Gazzetta dello Sport, Sky Sport

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR