FOLLOW US:


Usai Diskusi Alot, Rider MotoGP di Andorra Akhirnya Boleh Latihan Motor

13-05-2020 10:30

 | Anindhya Danartikanya

Usai Diskusi Alot, Rider MotoGP di Andorra Akhirnya Boleh Latihan Motor
Maverick Vinales dan Fabio Quartararo © Yamaha

Bola.net - Setelah Italia dan Spanyol memperbolehkan para pebalap profesional untuk kembali latihan motor di luar rumah, kabar baik datang dari Andorra. Kini para pebalap MotoGP yang bertempat tinggal di sana boleh berlatih di Circuit de Andorra Pas de la Casa.

Andorra diketahui belum membuka perbatasannya dengan Spanyol, di mana para pebalap biasanya berlatih flat track, motocross, dan lainnya. Pemerintah Andorra juga diketahui hanya memperbolehkan para pebalap untuk berlatih motor trial di hutan dan perbukitan sekitar.

Meski begitu, berkat kegigihan tim Reale Avintia Racing yang menjalani berbagai rapat, akhirnya pemerintah dan kementerian olahraga setempat memberikan izin kepada para pebalap motor profesional yang bertempat tinggal di Andorra untuk berlatih motor di tengah pandemi virus corona.

1 dari 3

Ada 22 Pebalap, 9 di Antaranya Rider MotoGP

Menurut rilis resmi tim, langkah ini diinisiasi oleh pemilik tim Avintia sekaligus investor Sirkuit Andorra, Raul Romero, serta Sporting Director Avintia sekaligus promotor proyek balap Andorra, Ruben Xaus, dan sang direktur sirkuit, Alex Bercianos.

Terhitung ada 22 pebalap motor profesional yang tinggal di Andorra, yang sembilan di antaranya turun di MotoGP, yakni Maverick Vinales, Fabio Quartararo, Alex Rins, Pol dan Aleix Espargaro, Joan Mir, Tito Rabat, Iker Lecuona, serta Jack Miller, yang saat ini tengah berada di Australia.

Sirkuit Andorra diketahui memiliki panjang 2,4 km, serta didesain oleh Racing Loop. Layout sirkuit ini dinilai sangat teknikal dan menuntut fisik pebalap, yang berarti baik untuk persiapan pebalap setelah dua bulan tak berkendara.

2 dari 3

Protokol Medis

Meski sudah boleh berlatih, bukan berarti para pebalap akan melakukannya tanpa protokol medis. Semua sesi latihan nantinya akan diawasi oleh ahli biologi Joel Lopez sebagai langkah pencegahan infeksi.

Sesi latihan juga akan dibagi menjadi dua kelompok yang bakal turun lintasan pada dua waktu berbeda demi mengikuti anjuran physical distancing. Xaus pun mengaku senang para rider MotoGP bisa kembali berlatih.

"Pihak sirkuit dan semua anggotanya sangat bangga bisa melakukan langkah maju ini, yang tak diragukan lagi bakal membantu para rider yang bertempat tinggal di Andorra untuk mempersiapkan diri menjelang musim balap kejuaraan dunia yang tak biasa," ujarnya.

3 dari 3

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP