FOLLOW US:


Valentino Rossi Diisukan Jual VR46 ke Arab Saudi Senilai Rp2,5 Triliun

04-08-2021 15:58

 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi Diisukan Jual VR46 ke Arab Saudi Senilai Rp2,5 Triliun
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi © Petronas SRT

Bola.net - Bukan rahasia bahwa dua tim milik Valentino Rossi, Sky Racing VR46 Moto2 dan Sky VR46 Avintia MotoGP, akan berubah nama menjadi Aramco Racing Team VR46 pada 2022, berkat dukungan sponsor dari Tanal Entertainment Sport & Media, perusahaan media milik Pangeran Arab Saudi, Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud.

Belakangan, GPOne mengabarkan bahwa dalam sepekan kedepan, Pangeran Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud akan menggelar jumpa pers di Riyadh demi mengonfirmasi dukungan sponsor untuk VR46 Team di MotoGP dan Moto2 2022. Namun, Il Sole 24 Ore punya kabar lain yang menghebohkan pada Selasa (3/8/2021).

Media Italia ini mengabarkan bahwa hubungan antara Valentino Rossi dan Pangeran Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud bakal lebih jauh daripada sekadar hubungan sponsor untuk VR46 Team, melainkan juga akan jadi rekan bisnis. Rossi diisukan akan menjual aset VR46 Management, yang ia bangun lebih dari satu dekade lalu.

1 dari 3

Juga Bisa Jadi Jual VR46 Riders Academy

Juga Bisa Jadi Jual VR46 Riders Academy
Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy © VR46 Riders Academy

Il Sole 24 Ore menyatakan, penjualan VR46 Management bisa termasuk perusahaan merchandise Rossi, yakni Racing Apparel, yang menaungi beberapa rider Grand Prix, beberapa eks pembalap, dan bahkan Monster Energy Yamaha, tim yang terakhir dibela Rossi pada 2020, sebelum pindah ke Petronas Yamaha SRT tahun ini.

Penjualan ini juga bisa termasuk VR46 Riders Academy, yang dibentuk Rossi pada 2013, usai kesepian ditinggalkan Marco Simoncelli, yang meninggal dunia di Malaysia pada 2011. Seperti yang diketahui, akademi ini dibentuk karena Rossi ingin berlatih dengan para rider muda Italia sekaligus mengembangkan talenta mereka.

Nilai jual-beli perusahaan ini isunya bisa mencapai 150 juta euro atau lebih dari Rp2,5 triliun. Ketertarikan Pangeran Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud ini tak pelak lagi sebagai penyokong 'Saudi Vision 2030', yakni sebuah program yang sudah mulai dijalankan Arab Saudi selama beberapa tahun belakangan.

2 dari 3

Juga Ingin Bentuk Program Junior

Juga Ingin Bentuk Program Junior
Corak motor Aramco Racing Team VR46 © Tanal Entertainment Sport & Media

'Saudi Vision 2030' sendiri diketahui sebagai strategi bisnis yang diluncurkan demi mereduksi ketergantungan Arab Saudi pada penjualan minyak bumi, karena negara tersebut ingin memperluas cakupan ekonomi mereka, termasuk di sektor kesehatan, olahraga, edukasi, infrastruktur, dan pariwisata.

Tanal Entertainment Sport & Media pun lebih fokus pada olahraga balap motor dan mobil. Mereka ingin membentuk sekolah balap untuk rider muda, dan merasa tak ada partner yang lebih menjanjikan dari VR46 Riders Academy, yang kini sudah melahirkan dua juara dunia, satu runner up, dan delapan anggotanya turun di ajang Grand Prix.

Sebagai catatan, dukungan sponsor Tanal Entertainment Sport & Media untuk Aramco Racing Team VR46 saja dikabarkan mencapai 100 juta euro atau sekitar 1,7 triliun untuk lima tahun (2022-2026) dengan rincian 20 juta euro per tahun. Kontrak terbaru VR46 Team dengan Ducati Corse pun berdurasi tiga tahun, yakni untuk 2022-2024.

Sumber: Il Sole 24 Ore

3 dari 3

Video: Momen-Momen Menarik di MotoGP Catalunya 2021