FOLLOW US:


'Valentino Rossi Mulai Panen Hasil Kerja Keras Bantu Rider Muda Italia'

22-09-2020 13:33

 | Anindhya Danartikanya

'Valentino Rossi Mulai Panen Hasil Kerja Keras Bantu Rider Muda Italia'
Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy © VR46 Riders Academy

Bola.net - Manajer Tim Sky Racing VR46, Pablo Nieto, sangat salut pada kerja keras Valentino Rossi dalam membantu para rider muda Italia mewujudkan mimpi berlaga di MotoGP lewat VR46 Riders Academy. Nieto menyatakan Rossi telah bekerja keras dan menggelontorkan banyak uang demi menyukseskan program ini.

Rossi membentuk VR46 Riders Academy pada 2013, terinspirasi oleh mendiang Marco Simoncelli yang sebelumnya merupakan partner latihannya. Franco Morbidelli merupakan anggota pertamanya, dan kini begitu banyak rider muda yang pernah mencicipi rasanya dimentori langsung oleh Rossi.

Program ini pun terbukti berhasil. Para rider yang masih maupun pernah bernaung di bawah arahan Rossi kini sudah mempopulerkan namanya berdasarkan hasil di lintasan. Puncaknya adalah saat Morbidelli merebut kemenangan besar di MotoGP Misano, San Marino, pada Minggu (13/9/2020) lalu.

1 dari 3

Hampir Tiap Hari Latihan Motor

Hampir Tiap Hari Latihan Motor
VR46 Riders Academy © Facebook/Valentino Rossi

"Formula kesuksesan Vale adalah kerja keras, dan akademi ini bekerja sangat baik dengan sistem yang efektif dan membuat level performa para rider meningkat tiap pekan. Ada kompetisi di antara mereka dan inilah yang membuat level mereka naik, bahkan level Vale sendiri," ujar Nieto via Diario AS, Sabtu (19/9/2020).

VR46 Riders Academy juga membantu para ridernya untuk menjadi atlet yang lebih profesional dan berwawasan. Namun, menurut Nieto, yang terpenting adalah jumlah sesi latihan mereka yang menggunung. Dalam satu pekan, para rider ini, termasuk Rossi, nyaris tiap hari mengendarai motor, baik di sirkuit balap, flat track, motocross, bahkan minibike.

"VR46 punya 9 rider, termasuk Vale. Mereka sering berkendara. Latihan di Misano pakai R6 dan R1, latihan di The Ranch pakai flat track, latihan motocross pada musim dingin, latihan minibike di sirkuit gokart, dan bahkan juga latihan gokart itu sendiri. Semua program ini membuat semua rider naik motor tiap hari, dan inilah yang bikin mereka makin cepat," kisah Nieto.

2 dari 3

Rogoh Kocek Sendiri

Rogoh Kocek Sendiri
Franco Morbidelli, Valentino Rossi, dan Francesco Bagnaia © SRT/Yamaha/Pramac

Nieto juga angkat topi pada Rossi yang tak pernah meninggalkan gagasannya dalam membantu rider muda. Ia bahkan rela merogoh kocek sendiri untuk membangun akademi ini, yang kini menjadi raksasa di arena balap. "Akademi ini ide Vale, dan ia harus menginvestasikan banyak uang untuk program ini," ungkap anak dari 13 kali juara dunia, Angel Nieto, ini.

"Kami mulai dengan turun di kejuaraan Spanyol dan FIM CEV, dan kemudian membentuk tim balap dengan begitu banyak talenta muda Italia yang menjanjikan. Sponsor memang membantu, tapi kejuaraan itu tidak seperti kejuaraan dunia, di mana Anda harus investasi banyak uang. Kini Vale mulai memetik buah dari program yang ia ciptakan," pungkasnya.

Kini, semua anggota VR46 Riders Academy tercatat pernah meraih kemenangan di arena Grand Prix, kecuali Stefano Manzi. Dua di antaranya, yakni Morbidelli dan Francesco Bagnaia, bahkan sudah merebut gelar dunia di Moto2. Kini Luca Marini dan Marco Bezzecchi bisa menyusul langkah mereka.

Sumber: Diario AS

3 dari 3

Video: Momen Brad Binder Menangi MotoGP Ceko