Valentino Rossi Ogah Tambah Murid: Mending Fokus ke yang Tangguh-Tangguh Saja

Anindhya Danartikanya | 23 November 2022 15:26
Legenda MotoGP sekaligus 9 kali juara dunia, Valentino Rossi (c) AP Photo

Bola.net - MotoGP Legend, Valentino Rossi, mengaku belum mau menambah jumlah anak didik di VR46 Riders Academy meski Pecco Bagnaia berhasil membuktikan bahwa dirinya bisa menjuarai MotoGP. Rossi menyatakan, meski kesuksesan ini membuat akademinya bangga, ide menambah anggota baru belum ada dalam pikirannya.

VR46 Riders Academy dibentuk oleh Rossi secara resmi pada 2013, terinspirasi masa-masa latihan dengan mendiang Marco Simoncelli. Akademi ini menggaet Franco Morbidelli sebagai anggota pertama, dan kini menaungi banyak rider muda Italia. Namun, beberapa tahun terakhir, beberapa rider memilih keluar demi mengembangkan karier sendiri.

Mereka yang hengkang adalah Romano Fenati, Lorenzo Baldassarri, Nicolo Bulega, dan Dennis Foggia. Perginya keempat rider ini membuat VR46 Riders Academy hanya menyisakan delapan rider. Alhasil, pada pertengahan 2021, mereka memutuskan menggaet satu anggota baru, yakni Alberto Surra.

1 dari 2 halaman

Punya Banyak Rider yang Kuat

Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy (c) Twitter/VR46 Riders Academy

Selain Morbidelli, Bagnaia, dan Surra, VR46 Riders Academy juga menaungi Luca Marini, Marco Bezzecchi, Stefano Manzi, Celestino Vietti, Niccolo Antonelli, dan Andrea Migno. Namun, hanya dua rider di antara mereka yang masih berstatus junior, yakni Vietti yang berusia 21 tahun dan Surra yang berusia 18 tahun.

Meski begitu, Rossi mengaku belum mau menambah anak didik. Walau tak menutup segala kemungkinan, ia merasa saat ini lebih baik fokus pada para rider yang sudah ada. "Saya memang ingin lebih jauh meningkatkan level VR46 Riders Academy dari banyak sudut pandang berbeda," ujarnya via Sky Sport, Minggu (6/11/2022).

"Namun, saat ini kami telah memutuskan untuk fokus pada grup kami yang bersejarah, karena kami punya banyak rider yang sangat tangguh. Kami ingin memberikan yang terbaik kepada mereka, karena mereka adalah para rider yang memulai akademi ini bersama kami," lanjut sembilan kali juara dunia tersebut.

2 dari 2 halaman

Harapan Khusus untuk Luca Marini dan Marco Bezzecchi

Marco Bezzecchi, Luca Marini, dan Valentino Rossi (c) VR46 Racing Team

Rossi juga menyatakan bahwa PR besar VR46 Riders Academy saat ini adalah membuat duet Mooney VR46 Racing Team di MotoGP, yakni Marini dan Bezzecchi, menjadi lebih tangguh pada 2023. Kedua rider ini akan mengendarai Ducati Desmosedici GP22, motor yang membawa Bagnaia juara dunia musim ini.

Rossi yakin kedua ridernya bakal lebih kuat musim depan, mengingat mereka beberapa kali menunjukkan performa apik dalam beberapa balapan. "Menurut saya, mereka bakal sangat kuat tahun depan. Kami harus memahami motor macam apa yang akan mereka kendarai pada 2023. Kami harus melihatnya," ucapnya.

"Bez dan Luca sama-sama punya potensi besar. Luca berkembang secara bertahap, tetapi ia selalu tampil sangat solid. Bez telah menyajikan beberapa balapan yang indah, dan sudah mampu naik podium. Tahun ini, kami bersenang-senang, tetapi kami sudah siap menyongsong 2023," pungkas Rossi.

Sumber: Sky Sport

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR