FOLLOW US:


Valentino Rossi Resmi Absen Juga di MotoGP Teruel, Takkan Digantikan Jorge Lorenzo

18-10-2020 15:34

 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi Resmi Absen Juga di MotoGP Teruel, Takkan Digantikan Jorge Lorenzo
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentinon Rossi © Yamaha

Bola.net - Usai spekulasi beredar bahwa Jorge Lorenzo bisa turun lintasan menggantikan Valentino Rossi, Monster Energy Yamaha resmi mengumumkan takkan ada rider pengganti untuk The Doctor di MotoGP Teruel yang akan digelar di MotorLand Aragon, Spanyol, pada 23-25 Oktober nanti.

Hal ini diumumkan pada Minggu (18/10/2020) tepat sebelum balapan MotoGP Aragon di trek yang sama digelar, yakni tiga hari setelah Rossi dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Yamaha juga menyatakan bahwa Rossi tetap tak bisa menghadiri Seri Teruel berdasarkan hukum Italia.

Menurut Dekrit Presiden Dewan Kementerian Italia yang dirilis pada Selasa (13/10/2020), Rossi tak diizinkan untuk hadir di Seri Teruel karena hukum ini menyatakan bahwa siapa pun yang positif terinfeksi Covid-19 harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari sejak menjalani tes. Rossi sendiri menjalani tes pada Kamis (15/10/2020).

1 dari 2

Alasan Tak Hadirkan Pengganti

Alasan Tak Hadirkan Pengganti
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo © Twitter/MotoGP

Menurut Yamaha, untuk kembali menjalani aktivitas seperti biasa, Rossi harus kembali menjalani tes PCR sampai hasilnya benar-benar negatif. Pabrikan Garpu Tala pun berharap sang sembilan kali juara dunia bisa kembali di MotoGP Eropa yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 6-8 November.

Di lain sisi, keputusan untuk tak menghadirkan rider pengganti untuk Rossi diambil berdasarkan tekanan tinggi yang diemban oleh para anggota proyek Yamaha MotoGP dalam musim balap yang sangat dipengaruhi oleh Covid-19 ini. Alhasil, mereka tak mau memberikan beban tambahan.

Selain itu, keputusan tak menurunkan rider pengganti juga sesuai dengan Regulasi FIM untuk ajang Grand Prix pada pasal 1.11.3.ii yang menyatakan, "Tim-tim balap harus melakukan semua usaha masuk akal untuk menyediakan rider pengganti layak untuk memenuhi partisipasinya dalam 10 hari sejak absennya (sang pembalap utama)."

2 dari 2

Video: Valentino Rossi Positif Terinfeksi Covid-19