FOLLOW US:


Valentino Rossi: Tak Ada Bedanya Bela Tim Pabrikan atau Tim Satelit Yamaha

02-03-2021 08:21

 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi: Tak Ada Bedanya Bela Tim Pabrikan atau Tim Satelit Yamaha
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi © Petronas SRT

Bola.net - Pembalap anyar Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, memprediksi takkan ada perbedaan besar dalam membela tim pabrikan atau tim satelit di MotoGP 2021. Lewat MotoGP.com pada Senin (1/3/2021), ia mengaku yakin dapat dukungan teknis yang sama dari pabrikan seperti sebelum-sebelumnya.

Seperti diketahui sejak awal 2020 lalu, tempat Rossi di Monster Energy Yamaha resmi diambil alih oleh Fabio Quartararo untuk musim ini. Alhasil, keduanya pun tukar tempat, karena The Doctor diketahui belum mau pensiun dan ingin tetap balapan di MotoGP setidaknya setahun lagi.

Rossi telah membela tim pabrikan Yamaha sejak 2004, kecuali saat ia pindah ke Ducati Team pada 2011 dan 2012. Bersama-sama mereka sukses meraih empat gelar dunia, ratusan podium, puluhan kemenangan, serta momen-momen berharga baik di dalam maupun luar lintasan.

1 dari 3

Sudah Lama Bela Tim Pabrikan

Walau kini hengkang dari tim utama, Rossi akan tetap dapat motor YZR-M1 spek pabrikan versi 2020 seperti yang ia kendarai tahun lalu, sekaligus motor yang juga kembali dikendarai Quartararo dan Maverick Vinales di Monster Energy Yamaha. Alhasil, The Doctor akan mendapatkan dukungan teknis yang sama meski pindah ke SRT.

"Saya punya kisah panjang bersama tim pabrikan. Meski sempat pisah dua tahun, saya sudah membela mereka sejak 2004. Kami sudah hidup berdampingan begitu lama. Tapi saya rasa takkan ada perbedaan besar saat membela tim ini, karena toh motor saya bakal tetap sama dan saya bakal tetap dapat dukungan penuh dari pabrikan," ujarnya.

Rossi pun tak memungkiri, bekerja di lingkungan baru juga kemungkinan besar akan melecut motivasinya kembali. Hanya boleh memboyong crew chief, teknisi data, dan pelatih balap, rider Italia berusia 42 tahun ini akan bekerja dengan pimpinan, mekanik, dan manajemen tim yang benar-benar baru baginya.

2 dari 3

Tekad Bantu Tim Tetap Kompetitif

"Tim ini tim yang baru, dan saya akan dikelilingi orang-orang dan para mekanik yang berbeda. Jadi, ini memang pengalaman baru. Seperti yang saya bilang, ini tim yang masih sangat muda namun punya motivasi yang sangat tinggi. Jadi, saya akan mengerahkan usaha dan dukungan saya sepenuhnya sampai akhir musim nanti," tutur Rossi.

Di lain sisi, ini adalah pertama kalinya bagi Rossi membela tim satelit sejak GP500 2001 bersama Nastro Azzuro Honda, di mana ia meraih gelar dunia perdananya di kelas para raja. Meski kini membela tim satelit, ia masih merasa sebagai pembalap Yamaha seutuhnya.

"Saya punya karier yang sangat panjang dan telah menjalani banyak musim bersama M1. Saya merasa M1 sebagai motor saya sendiri, saya juga merasa seperti pembalap Yamaha yang sesungguhnya. Saya tak sabar bekerja kembali dengan para insinyur Yamaha dan tim saya demi meningkatkan performa motor," tutupnya.

Sumber: Petronas Yamaha SRT

3 dari 3

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina