FOLLOW US:


Valentino Rossi Tegas Banting Setir ke Balap Mobil, Belum Pilih Kejuaraan untuk Digeluti

06-08-2021 01:09

 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi Tegas Banting Setir ke Balap Mobil, Belum Pilih Kejuaraan untuk Digeluti
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi © Yamaha MotoGP

Bola.net - Sembilan kali juara dunia, Valentino Rossi, menegaskan dirinya akan banting setir jadi pembalap mobil mulai 2022. Hal ini ia katakan dalam sesi jumpa pers khusus di MotoGP Styria, di mana ia mengumumkan keputusannya untuk pensiun akhir musim nanti. Jumpa pers tersebut digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Kamis (5/8/2021).

Meski merupakan salah satu pembalap terhebat dalam sejarah balap motor dunia, Rossi memang dikenal juga andal di arena roda empat. Ia berkali-kali menjuarai Monza Rally Show, pernah ikut Kejuaraan Reli Dunia (WRC), berkali-kali menjalani uji coba Formula 1, dan belakangan ikut ajang balap ketahanan Gulf 12 Hours.

Rossi pun menyatakan bahwa mulai 2022, dirinya akan lebih fokus balapan mobil. Meski begitu, ia belum menentukan kejuaraan balap mana yang akan ia geluti, mengingat disiplin balap mobil sangat luas dan beragam. Ia yakin bakal tetap bersenang-senang, meski level gengsinya tak bakal bisa menyaingi MotoGP.

1 dari 3

Awali Karier di Arena Gokart

Awali Karier di Arena Gokart
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi © Petronas SRT

"Saya selalu bilang ingin balapan mobil. Meski rasa senangnya di bawah balap motor, saya ingin balapan mobil mulai tahun depan. Tapi saya belum memutuskan apa pun, semua masih dalam proses. Seumur hidup, saya selalu merasa saya ini pembalap sejati. Jadi, ini hanya berubah dari motor ke mobil, meski levelnya takkan sama," tutur Rossi via MotoGP.com.

Rossi pun menjelaskan mengapa dirinya juga gemar mengikuti balap mobil. Ayah Rossi, Graziano Rossi, diketahui merupakan eks pembalap GP500 dan kerap cedera, atas alasan inilah ia mendorong Rossi untuk lebih memilih gokart ketimbang motor. Namun, hati The Doctor ternyata lebih suka balapan motor.

"Saya selalu senang balapan mobil, karena saya memulai karier di arena gokart. Pasalnya, Graziano takut kalau saya balapan motor, karena ia sendiri sering cedera. Ia pikir mobil lebih aman, jadi saya mulai dengan gokart. Usai 2-3 tahun balapan gokart, saya mulai coba minibike. Untungnya, saya akhirnya balapan dengan motor," ujarnya.

2 dari 3

Tetap Ingin Ikut 24 Hours of Le Mans

Meski sangat nyaris pindah ke Formula 1 pada 2007 lalu, Rossi pun mengaku ragu prestasinya bakal sementereng di MotoGP andai dirinya dulu lebih memilih jadi pembalap mobil. Namun, rider Petronas Yamaha SRT ini menyatakan bahwa dirinya tak pernah benar-benar meninggalkan rasa cinta pada balap mobil selama aktif berkarier di MotoGP.

"Saya tak tahu apakah saya bisa meraih hasil yang sama jika dulu jadi pembalap mobil. Mungkin tidak, jadi ini langkah bagus. Tapi balap mobil selalu ada di hati saya. Bahkan selama berkarier dengan motor, saya selalu coba meningkatkan kemampuan saya dengan mobil untuk mempersiapkan momen," ungkapnya.

"Tapi saya tak tahu level saya. Yang jelas tak sama dengan motor. Dalam balapan, Anda takkan senang-senang, Anda hanya ingin menang dan meraih hasil baik. Namun, saat ini saya belum tahu bakal balapan di mana, meski saya ingin turun di 24 Hours of Le Mans. Ada banyak ajang balap mobil di dunia, jadi saya bisa menikmatinya," tutup Rossi.

Sumber: MotoGP

3 dari 3

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa