FOLLOW US:


Vinales-Rossi Jajal 'Holeshot Device', Quartararo Belum Kebagian

10-02-2020 13:25

 | Anindhya Danartikanya

Vinales-Rossi Jajal 'Holeshot Device', Quartararo Belum Kebagian
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi © Yamaha

Bola.net - Sesuai dengan rumor yang beredar selama dua bulan belakangan, Yamaha menggunakan 'holeshot device' untuk pertama kali dalam uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia, 7-9 Februari. Duet Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, telah menjajalnya.

Perangkat untuk membantu start pebalap ini sudah dipakai oleh Ducati pada awal tahun 2019, dan disusul Aprilia pada paruh kedua musim. Kini Yamaha YZR-M1 versi 2020 pun telah dilengkapi oleh perangkat serupa, yang dijajal lebih dulu oleh Vinales, Rossi, dan test rider Kohta Nozane.

Bagian kiri pada area dasbor M1 diketahui kini memiliki tombol mekanis baru, dan saat Nozane berlatih start di trek lurus Sepang, diketahui bagian ekor M1 menurun ketika ia mengaktifkan tombol tersebut, seperti sistem yang dimiliki Ducati.

1 dari 2

Maverick Vinales Bersemangat

'Holeshot device' sendiri bekerja secara sementara dengan mengunci suspensi dalam kondisi terkompres, dan membantu rider mengindari wheelie, hal yang bisa menghalangi motor MotoGP berakselerasi maksimal. Rossi dan Vinales pun punya opini positif soal ini.

"Tak terlalu buruk, tapi sayangnya kami masih harus bekerja keras sebelum benar-benar menggunakannya," ujar Rossi kepada Crash.net.

Vinales lebih bersemangat lagi. "Saya ini pendek, tidak tinggi. Jadi setidaknya saya bisa berpegangan dengan motor lebih baik! Sebelumnya, saya sangat takut. Kini saya bisa berpegangan lebih baik. Jadi ini bagus!" ungkapnya.

2 dari 2

Fabio Quartararo Belum Mencoba

Uniknya, perangkat ini belum diberikan kepada rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, yang juga mendapatkan motor M1 spek pabrikan persis seperti milik Vinales dan Rossi.

"Saya belum memakainya. Saya tahu Yamaha mengerjakan sistem baru untuk holeshot. Masih dalam proses, jadi ketika mereka sudah 100% yakin, saya akan memakainya," ungkap Quartararo, yang menyapu bersih posisi terpuncak di tiga hari uji coba.

Para rider MotoGP akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim selanjutnya di Sirkuit Losail, Qatar, pada 22-24 Februari mendatang.