FOLLOW US:


VR46 Riders Academy Bakal Ditinggalkan Tiga Pebalapnya

29-07-2019 10:45

 | Anindhya Danartikanya

VR46 Riders Academy Bakal Ditinggalkan Tiga Pebalapnya
Pebalap Flexbox HP 40, Lorenzo Baldassarri © AP

Bola.net - Dennis Foggia, Nicolo Bulega, dan Lorenzo Baldassarri resmi akan meninggalkan akademi balap milik Valentino Rossi, VR46 Riders Academy akhir tahun ini. Hal tersebut dikonfirmasi sendiri oleh CEO VR46 Management, Alberto Tebaldi, lewat Corsedimoto.

VR46 Riders Academy dibentuk oleh Rossi dan manajemennya pada 2013 dan resmi diluncurkan pada 2014, berbarengan dengan peluncuran tim Sky Racing VR46 di Moto3. Sejak itu, akademi ini sukses mengembangkan talenta rider-rider muda Italia.

VR46 Riders Academy juga merupakan salah satu organisasi yang membantu memperbanyak wakil Italia di kejuaraan dunia, dan belakangan ini sukses membantu Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia menjuarai Moto2 pada 2017 dan 2018.

1 dari 2

Sebuah Proses yang Wajar

Sebuah Proses yang Wajar
Nicolo Bulega dan Dennis Foggia © VR46

Tebaldi menyatakan keputusan Foggia, Bulega, dan Baldassarri merupakan proses yang wajar. Ia juga mengaku VR46 tak pernah memaksa mereka untuk bertahan, dan justru memberi mereka kebebasan untuk mengambil keputusan sendiri soal masa depan.

"Ini administrasi yang normal. Di dalam Academy, ada jalan yang dipilih para rider ini. Academy dibentuk untuk memberi kesempatan bagi rider muda untuk berkembang, dan jalan kami akan berakhir akhir tahun nanti," ujar Tebaldi.

Sahabat karib Rossi sejak anak-anak ini juga menyatakan bahwa ini merupakan siklus yang wajar terjadi di VR46 Riders Academy. Usai hengkangnya Foggia, Bulega, dan Baldassarri, mereka akan mulai merekrut pebalap muda lainnya.

2 dari 2

Perpisahan Atas Kesepakatan Bersama

"Ada pebalap yang ingin bertahan. Ada juga yang memilih berpisah berdasar kesepakatan bersama. Nantinya, rider muda lain akan masuk ke akademi kami. Kesuksesan para rider kami memberi jalan bagi yang lain untuk bergabung," pungkas Tebaldi.

Foggia saat ini membela Sky Racing VR46 di Moto3 dan pernah meraih podium usai finis ketiga di Thailand tahun lalu. Bulega sendiri selalu membela Sky Racing VR46 sejak debutnya di Moto3 pada 2016 lalu, dan saat ini tengah menjalani debut di Moto2.

Baldassarri saat ini tengah membela Flexbox HP 40 di Moto2 dan tengah duduk di peringkat keempat pada klasemen pebalap dengan koleksi tiga kemenangan. Saat ini ia tengah santer dikabarkan bakal naik ke MotoGP 2020 bersama Avintia Racing.