Yakin Andrea Dovizioso Kembali, Joan Mir Kagum Valentino Rossi Masih Semangat

Anindhya Danartikanya | 29 Desember 2020 08:57
Yakin Andrea Dovizioso Kembali, Joan Mir Kagum Valentino Rossi Masih Semangat
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, sangat yakin Andrea Dovizioso bakal kembali berkompetisi di MotoGP cepat atau lambat, menyusul keputusannya vakum dari kejuaraan itu sepanjang 2021. Hal ini disampaikan Mir via wawancaranya dengan Sport.es pada Sabtu (26/12/2020).

Dovizioso yang kini berusia 34 tahun, secara mengejutkan memutuskan hengkang dari Ducati. Sempat dikabarkan akan pindah ke Aprilia dan jadi test rider Yamaha, tiga kali runner up MotoGP ini malah mengumumkan bakal vakum, dengan harapan bisa kembali pada 2022 nanti.

Beberapa tahun terakhir, MotoGP kehilangan rider-rider hebat, seperti Casey Stoner yang pensiun dini pada akhir 2012, Dani Pedrosa yang pensiun pada akhir 2018 usai sulit kompetitif, Jorge Lorenzo yang pensiun usai cedera punggung pada akhir 2019, dan kini Dovizioso malah vakum.

1 dari 3 halaman

Andrea Dovizioso Masih Bisa Buktikan Banyak Hal

Andrea Dovizioso Masih Bisa Buktikan Banyak Hal

Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Ketika ditanya apakah keputusan Stoner, Pedrosa, Lorenzo, dan Dovizioso yang terlalu dini meninggalkan MotoGP justru membuka jalan bagi rider muda untuk naik ke kelas tertinggi, Mir ragu berkomentar. Menurutnya, situasi para pembalap ini tak bisa disamaratakan.

Namun, juara dunia MotoGP 2020 ini ogah menganggap 'Dovi' pensiun, dan justru yakin ia akan kembali. "Mereka buru-buru atau tidak, saya rasa tergantung situasi. Saya rasa Dovi masih punya banyak hal yang bisa dibuktikan di kejuaraan ini, dan saya yakin ia akan kembali," ungkapnya.

"Para rider muda akan datang dengan caranya sendiri, dan secara bertahap akan melengserkan para rider favorit. Perubahan generasi memang ada, para rider yang lebih baik dan kuat akan datang. Ini bagian dari hidup kami dan olahraga ini," lanjut rider berusia 23 tahun ini.

2 dari 3 halaman

Semangat Valentino Rossi Tinggi, Wajar Masih Bertahan

Semangat Valentino Rossi Tinggi, Wajar Masih Bertahan

Joan Mir dan Valentino Rossi (c) Twitter/MotoGP

Musim depan, Valentino Rossi yang kini berusia 41 tahun, jadi rider yang benar-benar 'senior' di MotoGP. Rider tertua kedua adalah Aleix Espargaro, yang 'baru' berusia 31 tahun. Mir pun yakin The Doctor boleh-boleh saja tetap berkompetisi di MotoGP selama ia masih termotivasi.

"Saya sulit berkata-kata. Apa yang ia lakukan sungguh mengagumkan. Orang bilang, 'Pensiun saja,' tapi ia percaya pada dirinya sendiri. Ia sangat mencintai balap motor. Dengan semangat macam ini, wajar ia berada di tempatnya sekarang dan meraih prestasi yang sudah ia punya," ujarnya.

Uniknya, Mir pula yang jadi sorotan saat menggagalkan laju Rossi meraih podiumnya yang ke-200 di MotoGP dalam pekan balap San Marino lalu. "Ia pasti akan meraihnya pada waktu yang tepat. Tapi saya sendiri lebih butuh podium ketimbang dia," pungkas Mir.

Sumber: Sportes

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR