Yamaha dan Valentino Rossi Resmi Naungi Kohta Nozane di Moto2 2023

Anindhya Danartikanya | 6 Oktober 2022 12:33
Pembalap GRT Yamaha WorldSBK, Kohta Nozane (c) Yamaha Racing

Bola.net - Tim bentukan kolaborasi antara Yamaha dan Valentino Rossi, Yamaha VR46 Master Camp Team, dipastikan menaungi rider baru di Moto2 2023. Rider pertama yang digaet adalah Kohta Nozane, yang kini masih membela GRT Yamaha WorldSBK. Hal ini diumumkan secara resmi oleh Junior Team VR46 pada Rabu (5/10/2022).

Yamaha dan Rossi diketahui bekerja sama membentuk Yamaha VR46 Master Camp pada 2016. Program tersebut adalah pelatihan pembalap junior dari berbagai negara di dunia. Para rider muda yang terpilih dalam 'camp' ini mendapatkan arahan dari staf dan para pembalap VR46 Riders Academy selama sepekan di Italia.

Kerja sama ini berlanjut dengan gagasan pembentukan tim junior Yamaha, mengingat pabrikan Jepang ini sebelumnya tak memiliki program rider muda di Moto3 dan Moto2. Mengikuti jejak Honda (Honda Team Asia) dan KTM (Red Bull KTM Ajo dan Tech 3), Yamaha akhirnya ikut meluncurkan program serupa di Moto2 mulai 2022.

1 dari 2 halaman

Yamaha Ikuti Langkah Honda dan KTM

Yamaha VR46 Master Camp Team (c) Junior Team VR46Yamaha VR46 Master Camp Team (c) Junior Team VR46

Musim ini, Yamaha VR46 Master Camp Team berlaga di Moto2 bersama rider Spanyol, Manuel Gonzalez, dan rider Thailand, Keminth Kubo. Gonzalez yang juga anggota bLU cRU, merupakan juara WorldSSP300 2019, sementara Kubo merupakan lulusan Master Camp edisi tahun 2018.

Meski begitu, skuad ini melakukan perubahan pada line up pembalap untuk 2023. Mereka resmi menggaet Nozane, walau belum menentukan tandemnya. Nozane adalah salah satu rider muda Jepang yang cukup berprestasi di ajang-ajang nasional, bahkan menjadi salah satu test rider Yamaha di MotoGP.

Nozane menyabet gelar juara pertamanya di kelas utama All Japan Road Race Championship, JSB1000, pada 2020. Hal ini membantunya dapat kans berlaga di WorldSBK bersama GRT Yamaha pada 2021 dan 2022. Berikut pernyataan resmi Sports Director Yamaha VR46 Master Camp Team, Gelete Nieto, dan Kohta Nozane.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Gelete Nieto dan Kohta Nozane

Pembalap GRT Yamaha WorldSBK, Kohta Nozane (c) Yamaha Racing

Pernyataan resmi Gelete Nieto:

"Saya sangat senang menyambut kedatangan rider Jepang, Kohta Nozane, ke tim kami pada 2023. Dengan kerja sama ini, kami akan memperkuat tim kami lebih jauh pada musim kedua partisipasi kami di kategori Moto2.

"Saya ingin berterima kasih kepada Yamaha atas segala usaha dan dukungan yang mereka kerahkan untuk proyek ini. Saya sangat yakin bahwa bersama-sama kami akan meraih hasil-hasil hebat."

Pernyataan resmi Kohta Nozane:

"Saya mampu menjuarai JSB1000 pada 2020 dan sejak itu saya menghabiskan dua musim di WorldSBK. Sungguh sebuah tantangan besar dalam mencoba meraih hasil baik. Saya menjalani balapan-balapan yang sulit, tetapi saya juga banyak belajar dan dapat banyak pengalaman.

"Untuk musim 2023, saya akan menjalani awal yang baru dan berkompetisi di Moto2. Saya menyadari bahwa ini juga akan jadi tantangan yang besar. Namun, saya akan mengerahkan yang terbaik untuk menyajikan balapan-balapan yang baik untuk fans saya dan Yamaha."

Sumber: Junior Team VR46

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR