FOLLOW US:


Afrika Harus Cepat Lupakan Kekalahan

17-06-2010 09:36

 | Aaron Mokoena

Aaron Mokoena
(c)afp
Aaron Mokoena (c)afp

Bola.net - Afrika Selatan perlu secepatnya melupakan kekalahan mereka 0-3 dari Uruguay pada pertandingan Grup A Piala Dunia, Rabu (Kamis dinihari WIB), dan menyusun kembali kekuatan menghadapi pertandingan terakhir grup, kata kapten tim Aaron Mokoena.

Dua gol dari mantan pemain Manchester United, Diego Forlan dan satu gol dari Alvaro Pereira mengalahkan tim Bafana Bafana dalam pertandingan kedua tersebut.

Tim tuan rumah itu kini perlu memenangi pertandingan terakhir mereka melawan Prancis untuk menunggu peluang maju ke babak berikutnya.

"Gol yang bagus dari Forlan tapi tidak ada yang dapat kami perbuat menyangkut gol itu, itu salah salah dari beberapa hal yang bisa terjadi dalam sepak bola," kata Mokoena, soal gol pertama dari pemain depan Atletico Madrid itu.

"Hal yang penting adalah terus maju dan melupakan apa yang sudah terjadi, kami masih memiliki satu pertandingan untuk dimainkan dan itu sangat penting."

"Semuanya menyadari berada di posisi apa kami pada saat ini, kami main imbang sekali dan kalah sekali, dan itu tentu saja bukan posisi yang bagus."

"Akan menjadi pertandingan sulit melawan Prancis nanti, bagi kami ini betul-betul soal kembali lagi ke hasil imbang lalu dan bersiap untuk melawan Prancis."

Pemain berusia 29 tahun itu merasa bahwa timnya tidak menunjukkan kematangan yang cukup untuk mengalahkan tim asal Amerika Selatan itu namun dia mengatakan bahwa saat yang paling menentukan itu adalah penalti."

Penjaga gawang Itumeleng Khune dikeluarkan dari lapangan setelah menjatuhkan Luis Suarez, yang kemudian Forlan mengeksekusi dari titik penalti untuk membuat kedudukan menjadi 2-0.

"Penalti itu, semua orang dapat bicara banyak soal itu. Itu mengubah keadaan kami dan mengubah permainan keseluruhan."

Gelandang Everton Steven Pienaar mengatakan pertandingan terakhir grup mereka melawan Prancis akan menyerupai final Piala Dunia.

"Saat ini menyedihkan, kami kecewa kalah, tapi kami harus membangkitkan diri kami sendiri, ini bukan akhir," katanya.

"Kami harus berharap pertandingan besok (Kamis, antara Prancis dan Meksiko) hasilnya akan membantu kami. Kami akan berharap imbang dan kemudian kami memiliki pertandingan final melawan Prancis," katanya. (ant/cax)