FOLLOW US:


Afsel Puji Diego Forlan

17-06-2010 14:20

 | Diego Forlan

Diego Forlan
(c)afp
Diego Forlan (c)afp

Bola.net - Diego Forlan masuk dalam jajaran para pencetak gol ternama di Piala Dunia dengan dua gol yang dihasilkannya saat mengalahkan Afrika Selatan, Rabu.

Pelatih tim Afrika Selatan Carlos Alberto Parreira yang warga Brazil itu mengatakan Forlan adalah bintang Uruguay terkemuka yang bermain sangat bagus dalam timnya yang memiliki pengalaman luas dalam pertandingan dan kini mereka ingin menghidupkan kembali kejayaan yang pernah mereka raih pada waktu lampau.

"Forlan adalah striker yang memiliki kelebihan, kami telah mengenalnya beberapa tahun sejak di Brazil," kata Parreira kepada wartawan usai pertandingan.

Forlan, yang dengan klub sepak bolanya bermain di Argentina, Inggris dan Spanyol, selalu menjadi duri dalam daging bagi skuad Brazil di tingkat internasional.

"Ia adalah pemain yang jika Anda tidak waspada ia akan menghancurkan Anda," katanya dan menambahkan bahwa Forlan adalah striker yang membawa Uruguay menang karena tembakannya yang sangat tajam dan sedikit melengkung dari luar kotak penalti pada pertengahan babak pertama.

Forlan menunjukkan keunggulannya itu pada gol pertamanya. Jika dia tidak mencetak gol pada gol pertama, saya kira pertandingan tersebut mungkin akan sangat berbeda," kata Parreira.

Striker yang berambut pirang itu kembali menambahkan angka pada menit ke-80 dan gelandang Alvaro Pareira berhasil mencetak gol ketiga hingga pertandingan usai.

Forlan, salah satu pencetak gol di kalangan sepak bola Eropa di mana gol-golnya dalam beberapa pertandingan terakhir menginspirasi Atletico Madrid memperoleh kemenangan di Liga Eropa pada Mei lalu, dengan cepat mengatakan bahwa Uruguay harus menjaga kaki mereka di lapangan setelah memperoleh kemenangan.

"Kami tahu bahwa kami bermain dalam sebuah pertandingan yang cukup baik, dan kami dapat mempertahankan dengan baik pula serta mengambil kesempatan itu," katanya saat wawancara dengan sebuah stasiun televisi.

"Kami menyadari bahwa Uruguay adalah grup tangguh. Semua mengakuinya," kata dia dan menambahkan bahwa grup lainnya adalah Prancis dan Meksiko, di mana mereka telah bertemu pada pertandingan kedua, Kamis.

"Kami telah melaluinya satu demi satu dan hanya berfikir akan menghadapi pertandingan berikutnya," katanya.

Uruguay yang telah dua kali menjuarai Piala Dunia, yang telah memimpin grupnya memperoleh empat poin setelah pertandingan perdana mereka yang bermain imbang 0-0 dengan Prancis, pada pertandingan berikutnya melawan Meksiko pada babak penyisihan Selasa (22/6).

Jika tim ini minimal bermain seri akan melihat dia bermain pada babak kedua (16 besar) yang pertama bagi Uruguay sejak 1990. (ant/cax)