Bos Spanyol Tetap Bangga dengan Permainan Timnya Meskipun Tersingkir Oleh Maroko

Editor Bolanet | 8 Desember 2022 03:23
Bos Spanyol Tetap Bangga dengan Permainan Timnya Meskipun Tersingkir Oleh Maroko
Pelatih Spanyol, Luis Enrique menghibur anak asuhnya usai kalah dari Maroko di 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12/2022) (c) AP Photo/Luca Bruno

Bola.net - Timnas Spanyol secara mengejutkan tersingkir di Piala Dunia 2022 usai kalah oleh Maroko pada Selasa (6/12/2022). Meskipun kalah, Luis Enrique mengaku bangga dengan permainan yang ditunjukkan Spanyol di Piala Dunia 2022.

Spanyol harus tersingkir di babak 16 besar setelah kalah dari Maroko melalui drama adu penalti. Meskipun menguasai jalannya laga dengan 77 persen penguasaan bola, namun Spanyol tak mampu mencetak satu gol pun di laga tersebut.

Namun pelatih Spanyol, Luis Enrique mengaku sangat puas dengan permainan anak asuhnya. Menurut pelatih berusia 52 tahun tersebut, Spanyol telah mampu menerapkan ide sepak bola yang diinginkannya sepanjang Piala Dunia 2022.

"Saya sangat puas dengan apa yang telah dilakukan tim saya, yang telah mengeksekusi ide sepak bola saya dengan sempurna. Saya bangga dengan mereka," ujar Enrique dikutip dari Fotmob.

1 dari 2 halaman

Tumpul Dalam Menciptakan Peluang

Tumpul Dalam Menciptakan Peluang

Timnas Spanyol saat adu penalti di laga 16 besar Piala Dunia 2022 versus Maroko, Selasa (6/12/2022) (c) AP Photo/Luca Bruno

Meskipun bangga, Luis Enrique tetap memiliki catatan kritis bagi permainan anak asuhnya saat menghadapi Maroko. Ini tentu saja disadari Enrique mengingat Spanyol punya catatan miris dalam penciptaan peluang.

Meskipun menguasai jalannya laga, Spanyol justru miskin dalam menembakkan bola ke arah gawang Maroko. Deretan penyerang top Spanyol, hanya mampu mencatatkan satu tembakan ke gawang Maroko dari total 13 percobaan.

"Jika kami melakukan sesuatu, itu mendominasi permainan. Kami bisa disalahkan karena hanya menghasilkan sedikit peluang. Kami kekurangan gol,” jelas Enrique.

Meskipun begitu, Enrique menjelaskan bahwa dirinya tidak bisa menyalahkan pemain atas buruknya penciptaan peluang. Enrique menegaskan bahwa strategi yang dibuatnya sudah diterapkan dengan baik oleh pemain meskipun berakhir dengan kekalahan.

“Ini olahraga. Para pemain telah melakukan 100% dari instruksi yang saya berikan kepada mereka. Tapi itu saja, tidak ada gunanya memikirkannya. Saya tidak punya alasan untuk mencela para pemain," tambah Enrique.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

2 dari 2 halaman

Menyesal Pada Pablo Sarabia

Menyesal Pada Pablo Sarabia

Ekspresi penyerang sayap Spanyol, Pablo Sarabia seusai gagal mengeksekusi penalti saat melawan Maroko pada babk 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12/2022) WIB. (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Namun Luis Enrique bukan berarti tanpa penyesalan setelah timnya tersingkir di Piala Dunia 2022. Satu-satunya penyesalan Enrique yakni tidak memberikan banyak waktu bagi Pablo Sarabia beraksi di lapangan.

Pemain milik PSG tersebut, masuk dua menit sebelum waktu tambahan usai. Namun selama itu, Sarabia mampu menciptakan dua peluang untuk memecah kebuntuan Spanyol.

Niat hati memasukkan Sarabia untuk mencetak gol dalam adu penalti, strategi Enrique justru gagal setelah pemain 30 tahun tersebut gagal. Enrique merasa menyesal dengan keputusannya dan melihat seandainya Sarabia masuk lebih awal, mungkin saja hasilnya akan berbeda.

"Saya hanya menyesal dengan satu pemain, yaitu Pablo Sarabia. Saya memasukkannya untuk mengambil penalti dan di atas itu dia memberi saya dua peluang," ujar Enrique.

“Itu adalah kesalahan, dia menunjukkan kepada saya bahwa dia pantas mendapatkan lebih banyak menit dalam pertandingan ini,” tambah Enrique.

Sumber: Fotmob dan Sofascore

Penulis: Ahmad Daerobby

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR