Cody Gakpo di Fase Grup Piala Dunia 2022: 3 Laga, 3 Gol dari Kepala, Kaki Kiri, dan Kaki Kanan

Asad Arifin | 30 November 2022 10:58
Cody Gakpo di Fase Grup Piala Dunia 2022: 3 Laga, 3 Gol dari Kepala, Kaki Kiri, dan Kaki Kanan
Ekspresi Cody Gakpo usai membobol gawang Qatar, Selasa (29/11/2022) (c) AP Photo/Moises Castillo

Bola.net - Cody Gakpo menampilkan pertunjukan yang luar biasa di fase grup Piala Dunia 2022. Gakpo berada di barisan depan pemain yang berjasa membawa Timnas Belanda lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022.

Belanda lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup A. Belanda meraih tujuh poin hasil menang lawan Senegal dan Qatar, serta imbang ketika berjumpa Ekuador.

Sukses Belanda lolos ke babak 16 Besar tak lepas dari peran Cody Gakpo. Sejak awal, pemain 23 tahun diprediksi akan jadi tumpuan Belanda. Gakpo pun mampu tampil sesuai dengan ekspektasi.

Gakpo menjadi pemain utama Belanda pada tiga laga fase grup. Pelatih Louis van Gaal selalu memainkan winger asal PSV Eindhoven tersebut. Yuk simak ulasan lebih lengkap performa Gakpo di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Cody Gakpo Lawan Senegal

Cody Gakpo Lawan Senegal

Selebrasi gol Cody Gakpo dan Frenkie de Jong di laga Senegal vs Belanda, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Luca Bruno

Louis van Gaal memakai formasi 3-4-1-2 pada laga melawan Senegal. Cody Gakpo dipercaya tampil untuk peran di belakang dua penyerang. Gakpo memainkan peran itu dengan baik. Gakpo membuat tiga umpan kunci.

Gakpo kemudian juga memecah kebuntuan Belanda pada menit ke-84. Gakpo masuk ke dalam kotak penalti untuk menerima umpan dari Frenkie de Jong. Gakpo menandai debut di Piala Dunia dengan gol melalui sundulan.

Gakpo mencetak gol dari satu-satunya shot yang dilepaskan. Gakpo diganti Louis van Gaal pada menit 90+4. Ini pergantian untuk memperlambat jalannya laga, bukan karena performa Gakpo yang buruk.

2 dari 5 halaman

Cody Gakpo Lawan Ekuador

Cody Gakpo Lawan Ekuador

Selebrasi penyerang Belanda, Cody Gakpo di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Petr David Josek

Cody Gakpo mendapat peran yang berbeda pada duel Belanda vs Ekuador. Louis van Gaal masih memakai formasi 3-4-1-2. Namun, kali ini Cody Gakpo dimainkan sebagai penyerang dan berduet dengan Steven Bergwijn.

Gakpo lagi-lagi mencetak gol pembuka bagi Belanda. Kali ini, Gakpo mencetak gol pada menit ke-6. Gakpo mencetak gol lewat tendangan jarak jauh. Gakpo memakai kaki kiri untuk melepas tendangan keras.

Gakpo mencetak gol, lagi-lagi, dari satu-satunya shots yang dilepaskan. Gakpo diganti pada menit ke-80. Van Gaal ingin mengubah skema bermain dengan memasukkan Wout Weghorst yang bertipe targetman di lini depan.

3 dari 5 halaman

Cody Gakpo Lawan Qatar

Cody Gakpo Lawan Qatar

Selebrasi penyerang Belanda, Cody Gakpo usai mencetak gol ke gawang Ekuador pada laga kedua Grup A Piala Dunia 2022, Jumat (25/11/2022) WIB. (c) AP Photo/Martin Meissner

Seperti pada dua laga sebelumnya, Cody Gakpo juga menjadi pencetak gol pertama Belanda pada duel lawan Qatar. Cody Gakpo mencetak gol pada menit ke-26. Kali ini, Gakpo mencetak gol dengan tendangan kaki kanan.

Beda dengan dua laga sebelumnya, kali ini Gakpo melepas dua shots. Satu meleset dari target dan satu lagi menjadi gol.

Gakpo tetap menjadi pemain yang penting bagi Belanda. Gakpo, berduet dengan Memphis Depay, membuat cukup banyak ancaman ke gawang Qatar. Gakpo mendapat rating 8,1 dari lawan Whoscored, paling tinggi dibanding pemain lain.

4 dari 5 halaman

Paket Lengkap ala Cody Gakpo

Paket Lengkap ala Cody Gakpo

Penyerang Belanda, Cody Gakpo merayakan gol ke gawang Senegal di laga perdana grup A Piala Dunia 2022, Senin (21/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Thanassis Stavrakis

Cody Gakpo menjadi pemain paket lengkap pada fase grup Piala Dunia 2022. Gakpo telah membuktikan mampu mencetak gol dari berbagai anggota badan. Gakpo bisa bikin gol memakai kepala, kaki kiri, dan kaki kanan.

Gakpo bisa mencetak gol dari dalam kotak penalti dan luar kotak penalti.

Gakpo juga bisa memainkan beberapa peran dan bermain dengan pemain yang berbeda. Gakpo bisa menjadi penyerang lubang dan penyerang tengah. Gakpo bisa bermain dengan Bergwijn, Depay, bahkan Vincent Janssen.

Betapa beruntungnya Belanda punya pemain seperti Gakpo!

Sumber: Whoscored, Bola

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR