FOLLOW US:


Del Bosque Gusar Tapi Tetap Optimis

17-06-2010 07:00
Vicente Del Bosque (c)AFP
Vicente Del Bosque (c)AFP

Bola.net - Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque mengatakan kalau ia merasa gusar dengan kekalahan timnya atas Swiss 1-0 dalam laga Grup H di Durban kemarin, namun tetap optimis dengan peluang mereka di dua laga berikutnya.

Kekalahan Spanyol tersebut merupakan yang pertama dalam 85 tahun sejarah pertemuan mereka dengan Swiss, dan kini mereka harus bangkit meraih hasil maksimal melawan Honduras di Johannesburg pada 21 Juni dan Chile di Pretoria empat hari kemudian.

Skuad La Furia Roja mendominasi jalannya pertandingan dengan mengendalikan 65% penguasaan bola serta 42 menit waktu bermain aktual, jauh superior dibandingkan Swiss yang hanya menguasai 37% serta 25 menit, namun mereka gagal membendung serangan balik yang berbuah gol Gelson Fernandes di menit 52.

"Kami mencoba bermain," ucap Del Bosque.

"Mereka bermain jauh ke belakang dan mencoba melakukan serangan balik. Mereka bertahan dengan sangat baik. Kami bermain untuk menang dan kemenangan itu justru menjauhi kami. Kami mungkin tak menunjukkan karakter kami yang sesungguhnya sebagai sebuah tim."

Del Bosque juga mengakui kalau ini bukanlah awal yang baik bagi mereka, tim yang dipasang sebagai favorit juara selain Brasil.

"Ini bukan pertanda yang baik untuk memulai kompetisi dengan cara seperti ini namun kami punya kewajiban untuk mengatasinya dan menghadapi dua pertandingan berikut. Mencoba untuk menang, itu akan menjadi tujuan kami dalam dua laga ke depan" imbuh mantan pelatih Real Madrid itu.

"Tentu saja, Anda bisa saja kalah dalam sepak bola namun saya rasa kami akan mencoba untuk membalasnya. Kami harus benar-benar memberikan segalanya. Tak ada gunanya berdiri saja dengan kepala tertunduk, laga berikutnya bakalan menarik."

Del Bosque juga menyebut kalau keberuntungan sedang tidak berada di pihak mereka.

"Keberuntungan tak memihak Spanyol hari ini. Meski Swiss memiliki peluang untuk mencetak gol kedua di menit akhir, sepanjang pertandingan kami menghabiskan waktu kami untuk mencoba mencetak gol."

"Kami harusnya bisa mencetak gol namun ini bukan hari kami. Kami melakoni laga pertama dan hari ini kami menghadapi rintangan, namun kami akan mencoba mengatasinya menjelang dua pertandingan ke depan. Tak ada yang berbicara tentang final ataupun menjadi juara dunia." (afp/row)