FOLLOW US:


Del Bosque Sesalkan Terbuangnya Peluang Mereka

17-06-2010 15:58
Vincente del Bosque
(c)ap
Vincente del Bosque (c)ap

Bola.net - Spanyol terlalu banyak menyia-nyiakan kesempatan dalam kekalahan mereka yang mengejutkan 0-1 dari tim bukan unggulan, Swiss, pada pertandingan pembukaan Grup H Piala Dunia 2010, ujar pelatih Spanyol Vincente del Bosque, Rabu.

"Oke, Saya memang sedikit kesal. Tentu saja saya juga marah," ujar pelatih Spanyol itu pada suatu konferensi pers pasca-pertandingan tersebut.

"Sepak bola bukan hanya menjaga bola. Kami ingin mendominasinya untuk menyerang. Kami tidak memiliki cukup ruang tetapi kami memiliki cukup kemungkinan untuk mencetak sejumlah gol," ujarnya.

Spanyol sering memonopoli bola namun pertahanan Swiss yang solid menyulitkan juara Eropa itu untuk menembusnya dan mereka kurang tajam di lini depan untuk menyerang gawang lawan sampai Del Bosque menempatkan tiga penyerang di babak kedua.

Pemain pengganti Fernando Torres, yang bisa kembali ke timnas setelah menjalani operasi lutut, sebenarnya memiliki serangkaian peluang saat Spanyol yang mulai resah, berusaha menyamakan kedudukan tetapi dia melewatkan sejumlah peluang terbaik gol saat bola hasil tembakannya melenceng ke atas mistar atau ke samping gawang.

"Kami berusaha memanfaatkan Torres sebagai penyerang lain dan kami memiliki sejumlah kemungkinan bol, tetapi mereka melakukan pertahanan dengan sangat baik, semua bola yang datang ke wilayah mereka dapat dihentikan dengan sangat efisien," ujar pelatih Spanyol tersebut.

Del Bosque menolak saran bahwa ia seharusnya menurunkan lebih banyak penyerang sejak awal, daripada hanya seorang David Villa sebagai penyerang satu-satunya menghadapi pertahanan Swiss yang ditingkatkan.

"Saya menghargai semua pendapat. Kami hanya memainkan gaya kami kadang-kadang, dan hal itu sejauh ini terbukti sukses," katanya.

Spanyol memasuki pertandingan itu setelah menang dalam 12 pertandingan berturut-turut dan belum pernah kalah dari Swiss dalam 18 pertandingan sebelumnya sejak 1925.

Spanyol pada pertandingan berikutnya akan menghadapi Honduras dan Chile serta berharap Swiss akan mengalami kekalahan juga karena runner-up Grup H nantinya harus menghadapi juara Grup G -- yang terdiri atas Brazil, Portugal dan Pantai Gading.

"Hari ini kami mendapat hambatan dan kami akan mengatasinya dalam dua pertandingan berikutnya. Namun belum ada pihak yang berbicara mengenai menjadi juara Piala Dunia, belum ada yang berbicara mengenai final karena ini bukan lah cara kerja dari satu pertandingan sepak bola," katanya. (ant/cax)