FOLLOW US:


Erling Haaland: Bikin Rekor 9 Gol di Piala Dunia U-20, Pernah Diabaikan Manchester United

31-05-2019 12:00
Erling Haaland: Bikin Rekor 9 Gol di Piala Dunia U-20, Pernah Diabaikan Manchester United
Aksi Erling Haaland (kanan) pada laga melawan Uruguay. © AP Photo

Bola.net - Erling Braut Haaland, namanya akan selalu diingat sebagai salah satu fenomena di dunia sepak bola profesional. Ya, Haaland baru saja membungkus sembilan gol saat membantu Norwegia menghajar Honduras 12-0 pada Piala Dunia U-20 Polandia. Masih muda, bakatnya sudah menunjukkan potensi luar biasa.

Haaland tak perlu lagi mencemaskan Golden Boot Piala Dunia U-20 kali ini, dia jelas memimpin jauh. Menukil cbssports.com, sembilan gol itu dia cetak pada laga terakhir Grup C. Haaland, bocah 18 tahun, mencetak 9 gol pada satu pertandingan Piala Dunia.

Jelas torehan golnya itu mencetak rekor baru, juga kemenangan 12 gol tanpa balas Norwegia. Dua sejarah tercipta dalam satu laga. Bukan tidak mungkin, Haaland bakal menjadi salah satu calon pemain terbaik di masa depan.

Rekor 9 gol Haaland ini melampaui rekor sebelumnya milik Adailton, yang mencetak enam gol untuk Brasil di 1997. Haaland mengalahkan Adailton dengan hattrick. Dia mencetak hattrick-hattrick! Pertandingan yang absurd, pun bersejarah.

Tercatat, hanya dua pemain yang pernah mencetak sembilan gol atau lebih sepanjang sejarah turnamen ini. Adailton pernah membungkus 10 gol pada edisi 1997, dan Javier Saviole mencetak 11 gol pada 2001. Lionel Messi pernah meraih Golden Boot U-20 dengan hanya enam gol pada edisi 2005.

Rekor baru yang dibuat Haaland ini terbantu oleh permainan buruk Honduras yang mengakhiri laga hanya dengan sembilan pemain. Satu pemain dihadiahi kartu kuning kedua saat skor masih 7-0, dan satu kartu merah lagi di menit ke-92.

Haaland, anak dari mantan gelandang Norwegia, Alf-Inge Haaland membuka kemenangan sekaligus menutupnya. Saat ini Haaland bermain untuk Red Bull Salzburg. Dia terlahir di Leeds, tempat ayahnya berkarier dahulu.

Uniknya, karier Haaland ternyata pernah bersentuhan dengan Manchester United dan Ole Gunnar Solskjaer. Bagaimana bisa? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!