FOLLOW US:


Figo Ingin Piala Dunia Diikuti 48 Tim

20-02-2015 00:27

 | Luis Figo

Figo Ingin Piala Dunia Diikuti 48 Tim
Luis Figo © Action Images

Bola.net - Legenda Portugal, Luis Figo, melontarkan ide untuk menambah jumlah peserta di Piala Dunia yang semula 32 tim menjadi hingga menjadi 40 atau 48 tim.

Ide tersebut ia lontarkan saat melakukan presentasi manifestonya untuk menjadi Presiden FIFA di Stadion Wembley, Inggris, Kamis (19/02). Mantan bintang Barcelona dan Real Madrid ini menjelaskan, peserta di ajang Piala Dunia itu bisa ditambah hingga mencapai 40 atau 48 tim.

Dengan jumlah peserta yang membengkak itu, ia menjelaskan babak penyisihan grup hajatan empat tahunan itu digelar di dua benua secara simultan. Sedangkan saat babak knockout alias fase gugur, ajang tersebut kembali digelar di satu negara saja.

"Kedua opsi tersebut bisa dilaksanakan dengan penambahan waktu turnamen sebanyak tiga atau empat hari. Jika ekspansi ini terjadi, saya yakin tim-tim tambahan yang akan masuk ke ajang ini harus berasal dari negara-negara non Eropa" ujar Figo seperti dilansir Footbal Italia.

Figo merasa yakin, penambahan peserta itu akan bisa membawa keuntungan besar bagi FIFA. Namun, keuntungan itu nantinya akan digunakan secara merata untuk mengembangkan sepakbola di seluruh dunia.

"Kami tak hanya memastikan bahwa akan ada banyak tambahan negara dari seluruh dunia, namun juga memastikan FIFA mendapatkan tambahan pemasukan yang signifikan yang bisa digunakan sebagai investasi untuk pengembangan olahraga ini secara global," tandasnya. (foti/dim)