Final Piala Dunia 2002, Pertemuan Kiper Terbaik vs Penyerang Tertajam

Serafin Unus Pasi | 26 September 2022 20:23
Final Piala Dunia 2002, Pertemuan Kiper Terbaik vs Penyerang Tertajam
Duel Ronaldo dan Oliver Kahn di final Piala Dunia 2002 (c) FIFA

Bola.net - Final Piala Dunia 2002 tidak hanya mempertemukan dua negara hebat dalam dunia sepak bola, Brasil dan Jerman. Di samping itu, juga mempertemukan dua pemain terbaik dari masing-masing tim yakni Oliver Kahn dan Ronaldo.

Sebelum laga final, Oliver Kahn tampil begitu gemilang saat mengawal gawang timnas Jerman di Piala Dunia 2002. Eks Bayern Munchen ini, mencatat lima kali gawangnya nirbobol sepanjang pementasan dan hanya kebobolan tiga gol.

Sedangkan Ronaldo, sudah mengemas enam gol sebelum menginjakkan kakinya di partai final kali ini. Tentunya, publik pecinta sepak bola sangat menantikan duel antara Jerman vs Brasil yang berlangsung di hadapan sekitar 70 ribu penonton yang memadati Stadion Internasional Yokohama, Jepang itu.

Dalam predikat duel kiper terbaik melawan penyerang tertajam ini akhirnya dimenangkan oleh tim yang dibela oleh sang penyerang tertajam, Brasil dengan skor 0-2. Selecao sukses meraih gelar kelima Piala Dunia sekaligus menjadi tim dengan gelar terbanyak Piala Dunia sejauh ini.

1 dari 2 halaman

Ronaldo Lebih Unggul

Ronaldo Lebih Unggul

Ronaldo mencium trofi Piala Dunia 2002 (c) FIFA

Dalam laga tersebut, Brasil lebih mendominasi jalannya pertandingan di babak pertama. Total enam peluang tercipta, termasuk tembakan Kleberson yang membentur mistar dan sepakan Ronaldo yang masih bisa diredam Oliver Kahn.

Sayangnya, justru Kahn ikut andil dalam kemenangan yang diraih oleh Brasil. Blunder pertamanya dibuat di menit 67, kala gagal menangkap tembakan mendatar Rivaldo dengan sempurna. Bola liar kemudian langsung disambar Ronaldo yang muncul dari belakang dan gol.

Ini merupakan gol ke-7 Ronaldo selama Piala Dunia 2002. Dan di menit ke-79 Ronaldo lagi-lagi merobek gawang Jerman. Oliver Kahn, peraih penghargaan penjaga gawang terbaik di turnamen itu, gagal menepis sepakan mendatar Ronaldo ke sisi kiri gawangnya.

Skor 2-0 untuk keunggulan Brazil bertahan hingga pertandingan usai. Brazil mengakhiri perhelatan ini dengan sangat manis.

2 dari 2 halaman

Mendapatkan Gelar Individu

Mendapatkan Gelar Individu

Oliver Kahn (c) AFP

Baik Oliver Kahn maupun Ronaldo masing-masing mendapatkan gelar individu bergengsi di gelaran Piala Dunia 2002.

Kahn menyabet penghargaan FIFA World Cup Golden Ball 2002 (pemain terbaik di Piala Dunia). Di satu sisi, Ronaldo Luis Nazario meraih gelar Sepatu Emas alias top skor turnamen dengan torehan delapan gol.

Sebelumnya, Ronaldo telah meraih Ballon d'or dan penampilannya di Piala Dunia 1998 menjadikannya sebagai fenomena sepak bola modern. Empat tahun kemudian, Ronaldo akhirnya mencicipi gelar Piala Dunia 2002.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR