FOLLOW US:


Finalis Best FIFA Men's Goalkeeper 2019: Alisson, Ederson dan Ter Stegen

02-09-2019 18:33

 | Dimas Ardi Prasetya

Finalis Best FIFA Men's Goalkeeper 2019: Alisson, Ederson dan Ter Stegen
Alisson Becker. © AP

Bola.net - Alisson Becker, Ederson Moraes dan Marc-Andre Ter Stegen menjadi finalis penghargaan The Best FIFA Men's Goalkeeper 2019.

FIFA mengumumkan nama ketiganya pada Senin (02/09/2019). Pengumumannya bersamaan dengan pengumuman finalis FIFA Best Men's Player, Puskas Award dan FIFA Best Men's Coach.

Sama dengan kategori lainnya, ketiga kiper top dunia ini dipilih berdasarkan prestasi dan performa pada satu tahun terakhir. FIFA memantau penampilan mereka dari 16 Juli 2018 hingga 19 Juli 2019.

Mereka dipilih oleh sebuah panel khusus yang ditunjuk FIFA. Panel itu beranggotakan sejumlah ahli sepakbola tentunya.

1 dari 2

Prestasi

Prestasi
Ederson berbincang dengan Pep Guardiola usai pertandingan lawan Fulham di pekan ke 32 Premier League musim 2018/19 © AP Photo

Alisson tampil apik bersama dengan Liverpool sejak musim panas 2018 lalu. Padahal musim 2018-19 kemarin adalah musim perdananya di Inggris. Ia membantu The Reds menjadi runner-up Premier League dan juara Liga Champions.

Ia juga berprestasi di Timnas Brasil. Ia membantu Selecao menjadi juara Copa America 2019.

Sementara itu Ederson membantu Manchester City menjadi penguasa di kompetisi domestik di Inggris. Ia membawa The Citizen meraih trofi juara Premier League, FA Cup dan Carabao Cup.

Ter Stegen membantu Barcelona menjadi kampiuns La Liga musim lalu. Ia juga membawa Blaugrana masuk final Copa del Rey, namun di laga itu kiper asal Jerman tersebut tak dimainkan oleh Ernesto Valverde.

2 dari 2

Finalis Perempuan

FIFA juga mengumumkan tiga finalis untuk kategori The Best Women's Goalkeeper. Yang pertama adalah kiper PSG, Claudia Endler.

Kemudian kiper Chelsea/Wolfsburg, Hedvig Lindahl. Yang ketiga adalah Sari van Veenendaal, kiper Arsenal/Atletico Madrid.

Ada sedikit perbedaan untuk pemilihan ketiga kiper ini. FIFA menilai performa mereka dari 25 Mei 2019 hingga 7 Juli 2019.

Mereka juga dipilih oleh panel khusus. Panel yang ditunjuk FIFA ini berisikan para mantan kiper dan penyerang.

Pemenang dari semua kategori akan diumumkan di Milan pada 23 September mendatang pada acara The Best FIFA Football Award Show.

(FIFA)