Kala Lilian Thuram Buyarkan Mimpi Kroasia di Piala Dunia 1998

Serafin Unus Pasi | 16 September 2022 17:45
Kala Lilian Thuram Buyarkan Mimpi Kroasia di Piala Dunia 1998
Aksi Lilian Thuram saat berhadapan dengan Kroasia di Piala Dunia 1998 (c) FIFA

Bola.net - Prancis harus berterimakasih pada Lilian Thuram di Piala Dunia 1998. Kontribusi besar Thuram mampu membuat Prancis mengangkat trofi Piala Dunia di rumahnya sendiri.

Saat itu Prancis ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 1998. Ini juga jadi momentum bagi Prancis untuk menjuarai Piala Dunia pertama mereka.

Di Piala Dunia 1998, Prancis diperkuat oleh skuat emasnya. Nama seperti Zinedine Zidane, Thierry Henry dan Emmanuel Petit mampu membuat Prancis perkasa hingga partai puncak.

Namun semua itu tak akan terjadi andai Lilian Thuram tidak menjadi pahlawan di babak Semifinal melawan Kroasia. Hadirnya Thuram saat itu menyelamatkan Prancis dari kekalahan hingga akhirnya mampu lolos ke partai puncak.

1 dari 2 halaman

Thuram Cetak Brace

Thuram sejatinya memiliki posisi utama sebagai bek tengah. Namun di tangan pelatih Aime Jacquet, Thuram menjelma menjadi bek kanan tangguh timnas Prancis.

Thuram hampir tak pernah tergantikan di pos bek kanan Prancis sejak awal Piala Dunia 1998 bergulir. Kontribusinya bagi timnas Prancis memang sangat terasa di lini pertahanan.

Babak Semifinal menjadi puncak penampilan gemilang Thuram yang keluar sebagai pahlawan. Bukan karena kemampuan bertahannya melainkan berkat brace ke gawang Kroasia.

Thuram saat itu berhasil memborong dua gol Prancis saat taklukan Kroasia dengan skor 2-1. Dua gol Thuram juga memastikan tuan rumah Prancis melaju ke partai puncak melawan Brasil.

2 dari 2 halaman

Thuram Bawa Prancis Comeback

Prancis sebenarnya sangat kesulitan menghadapi Kroasia di Semifinal. Saat itu Kroasia memang tampil sebagai kuda hitam di Piala Dunia 1998.

Ketangguhan Kroasia langsung dirasakan Prancis saat harus tertinggal lebih dulu melalui gol Davor Suker di menit 46. Gol itu menjadi yang kelima Suker di Piala Dunia 1998 sebelum akhirnya keluar sebagai top skor dengan enam gol.

Namun hanya butuh waktu satu menit bagi Prancis membalas. Thuram yang naik jauh dari posisinya berhasil mencetak gol penyama kedudukan bagi Prancis.

Thuram bahkan mencetak gol kemenangan Prancis di menit 69 setelah tendangan kaki kirinya menghujam deras ke gawang Kroasia. Gol tersebut secara dramatis membawa Prancis comeback atas Kroasia.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR