Lambang Resmi Piala Dunia FIFA U-20 2023 Dirilis Tepat di Hari Kemerdekaan RI ke-77

Abdi Rafi Akmal | 17 Agustus 2022 22:17
Lambang resmi Piala Dunia U-20 Indonesia 2023. (c) PSSI

Bola.net - Lambang resmi Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia sudah dirilis ke publik, tepat pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Rabu 17 Agustus 2022. Lambang ini juga telah dimuat secara resmi di FIFA+.

Peluncuran lambang resmi itu untuk memperingati penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang berlangsung kurang dari sembilan bulan lagi. Turnamen akbar sepak bola dunia yang pertama kali dihelat di Indonesia ini akan berlangsung mulai dari 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Perpaduan warna dalam lambang tersebut terinspirasi dari kekayaan dan identitas yang ada di Indonesia. Mulai dari warna bendera nasional Indonesia, warna alam Indonesia yang didominasi laut dan hamparan hutan yang luas.

Selain itu, ada pula ikon mahkota pada lambang tersebut. Maknanya adalah hasrat global terhadap permainan dari berbagai benua.

1 dari 3 halaman

Momen Perkembangan Sepak Bola Indonesia

Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza menjelaskan, peluncuran lambang resmi menjadi tonggak perjalanan Indonesia untuk menjadi tuan rumah turnamen ini pertama kali dalam sejarah. Dengan kata lain, hal ini bagus sebagai momen perkembangan sepak bola Indonesia.

"Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang diadakan di Indonesia. Peluncuran lambang resmi merupakan tonggak yang menarik dalam perjalanan ini," katanya dalam laman resmi PSSI.

"Selain menjadi kesempatan yang tepat untuk menunjukkan semangat sepak bola Indonesia kepada dunia, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 akan mengembangkan olahraga Tanah Air."

"Nantinya akan ada warisan infrastruktur yang signifikan yang akan bermanfaat bagi sepak bola Indonesia di tahun-tahun mendatang."

2 dari 3 halaman

Pemilihan Momen yang Tepat

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menjelaskan peluncuran lambang resmi dipilih bertepatan dengan hari kemerdekaan. Pemilihan ini bertujuan menyampaikan makna yang mendalam di momen yang tepat.

"Peluncuran lambang resmi Piala Dunia U-20 yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia menandakan bahwa sepak bola Indonesia siap bangkit dan tampil memukau di pentas dunia," ujar dia.

"Tentunya turnamen ini juga akan mewariskan banyak hal baik untuk perkembangan sepak bola Indonesia ke depan, seperti infrastruktur dan pembangunan sepak bola."

3 dari 3 halaman

Awal dari Antusiasme

Wakil Sekjen PSSI Maiike Ira Puspita mengatakan bahwa peluncuran lambang resmi akan jadi awal dari antusiasme masyarakat Indonesia menyambut gelaran Piala Dunia U-20.

"Peluncuran lambang resmi Piala Dunia U-20 hanyalah awal dari rangkaian kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dan kegembiraan di kalangan penggemar sepak bola Indonesia dan seluruh dunia," ujarnya yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Lokal.

"Masyarakat Indonesia sangat antusias menyambut turnamen ini."

Sumber: PSSI

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR