Legenda Manchester United dan Para Bintang yang Tak Pernah Bermain di Piala Dunia

Gia Yuda Pradana | 21 November 2022 12:01
Legenda Manchester United dan Para Bintang yang Tak Pernah Bermain di Piala Dunia
Legenda Manchester United, Eric Cantona (c) PA

Bola.net - Para pencinta sepak bola tentu pernah mendengar nama Eric Cantona. Pemain asal Prancis ini disebut sebagai salah satu katalisator Manchester United hingga menjadi salah satu klub tersukses di Liga Inggris.

Cantona dikenal sebagai pemain jenius. Ia pun memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Dua hal ini membuat julukan "The King" terasa pantas disematkan kepada Cantona.

Namun, peruntungan Cantona di level tim nasional 180 derajat berbeda dibanding perjalanannya bersama klub. Kendati tetap tampil cemerlang, nasib Cantona bersama Les Bleus tak semengkilap raihannya bersama Manchester United. Cantona bahkan merupakan salah satu pemain bintang yang tak sempat merasakan atmosfer putaran final Piala Dunia.

Cantona bukan satu-satunya pemain yang bernasib malang, berstatus bintang tapi tak pernah tampil di putaran final Piala Dunia. Ada sejumlah bintang lain yang berbagi kemalangan yang sama dengannya.

Siapa saja para pemain bintang yang tak pernah sekalipun merasakan atmosfer putaran final Piala Dunia? Berikut lima orang di antara mereka.

1 dari 6 halaman

Alfredo di Stefano

Alfredo di Stefano

Alfredo Di Stefano (c) AFP

Di peringkat kelima dalam daftar lima bintang yang tak pernah bermain di Piala Dunia ada nama Alfredo di Stefano. Legenda sepak bola asal Spanyol ini tak pernah sekali pun bermain di Piala Dunia sepanjang kariernya.

Di Stefano sendiri sempat bermain 31 kali bersama Timnas Spanyol. Pria kelahiran Argentina ini juga sempat mencetak 23 gol untuk Tim Matador.

Di Stefano sempat delapan kali tampil dalam dua edisi Kualifikasi Piala Dunia. Dalam delapan penampilannya tersebut, ia sempat mencetak empat gol

Namun, hasil tak berpijak kepadanya. Spanyol gagal lolos ke putaran final yang dihelat di Swedia.

Sementara, empat tahun berselang, Di Stefano sukses mengantarkan Spanyol ke putaran final. Ia pun dipanggil memperkuat Tim Matador dalam putaran final Piala Dunia yang dihelat di Chili tersebut. Namun, untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Legenda Real Madrid ini harus absen akibat cedera.

2 dari 6 halaman

George Best

George Best

George Best (c) PA

George Best menempati posisi empat dalam daftar lima bintang yang tak pernah bermain di Piala Dunia. Berstatus sebagai salah satu pemain terbaik dunia waktu itu, Best gagal tampil di Piala Dunia sepanjang karier sepak bolanya.

Best sendiri merupakan salah satu andalan Tim Nasional Irlandia Utara. Ia sempat bermain 37 kali dan mencetak sembilan gol kala berseragam timnas.

Pada ajang kualifikasi Piala Dunia, Best bermain apik. Dalam empat edisi kualifikasi ini, ia sempat bermain 14 kali dan mencetak tiga gol. Namun, hal ini tak cukup untuk membawa Irlandia Utara lolos ke putaran final.

Pada Piala Dunia 1982, Irlandia Utara lolos ke putaran final. Sempat terbersit asa bagi Best untuk bisa merasakan atmosfer berlaga di turnamen sepak bola antarnegara paling elit di muka bumi ini. Namun, asa itu harus kandas karena ia tak dipanggil untuk memperkuat skuad Irlandia Utara pada ajang tersebut.

3 dari 6 halaman

Eric Cantona

Eric Cantona

Eric Cantona (c) AFP

Urutan ketiga dalam daftar lima bintang yang tak pernah bermain di Piala Dunia ditempati Eric Cantona. Terlepas dari kejeniusan dan kesuksesannya bersama Manchester United, pemain asal Prancis ini tak pernah sekalipun bermain di Piala Dunia.

Cantona sendiri tak terlalu banyak memperkuat Timnas Prancis. Hal ini tak lepas dari temperamennya yang meledak-ledak sehingga membuatnya kerap bermasalah dengan rekan dan pelatihnya. Sepanjang kariernya, ia hanya sempat 45 kali memperkuat Les Bleus dan mencetak 20 gol.

Temperamen tinggi Cantona membuatnya berselisih dengan Henri Michel, yang membuatnya sempat lama disingkirkan dari Timnas Prancis.

Cantona sempat menjadi salah satu andalan Les Bleus setelah adanya pergantian pelatih. Namun, kendati tampil apik, mencetak enam gol dari delapan laga kualifikasi, ia gagal membawa Prancis lolos ke Piala Dunia 1994.

Setahun sebelum Piala Dunia 1998 dihelat di Prancis, Cantona secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola.

4 dari 6 halaman

Ryan Giggs

Ryan Giggs

Ryan Giggs (c) Bola.net

Di peringkat kedua dalam daftar lima bintang yang tak pernah bermain di Piala Dunia ada nama Ryan Giggs. Sama seperti rekan teman satu timnya di Manchester United, Eric Cantona, Giggs juga tak pernah merasakan berlaga di putaran final Piala Dunia.

Giggs sendiri merupakan salah satu pemain terbaik Wales. Ia sempat tampil 64 kali dan mencetak selusin gol kala berseragam Timnas Wales. Di kualifikasi Piala Dunia, Giggs sempat bermain dalam 30 laga, mencetak tujuh gol dan tiga assist.

Namun, dengan penampilan ciamiknya ini, Giggs gagal membawa Wales ke putaran final Piala Dunia. Tercatat, Wales gagal melaju ke putaran final pada Piala Dunia 1994, 1998, 2002, dan 2006 kendati sudah diperkuat pemain sekaliber Giggs.

5 dari 6 halaman

Jari Litmanen

Jari Litmanen

Jari Litmanen (c) PA

Jari Litmanen menempati posisi puncak dalam daftar lima bintang yang tak pernah bermain di Piala Dunia. Legenda sepak bola Finlandia tersebut gagal membawa timnya lolos ke putaran final Piala Dunia.

Litmanen sendiri sempat bermain dalam 137 laga bersama Timnas Finlandia. Dala, 10.119 menit bermain ini, ia mencetak 32 gol dan enam assist.

Di ajang kualifikasi Piala Dunia, Litmanen juga merupakan tulang punggung bagi Timnas Finlandia. Ia mencetak delapan gol dan tiga assist dalam 39 laga kualifikasi Piala Dunia.

Sayangnya, penampilan apik Litmanen ini tak mampu membawa Finlandia lolos ke putaran final Piala Dunia. Walhasil, asa pemain kelahiran 20 Februari 1971 ini untuk mencicipi putaran final turnamen sepak bola antarnegara paling bergengsi ini harus kandas.

Sumber: Transfermarkt dan Worldfootball

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR