FOLLOW US:


Mokoena: Lupakan Hasil Buruk

17-06-2010 20:45

 | Aaron Mokoena

Aaron Mokoena (c)AFP
Aaron Mokoena (c)AFP

Bola.net - Afrika Selatan harus menghapus kenangan buruk atas penampilan yang membuat Bafana Bafana dan seluruh negeri benar-benar terkulai, jika mereka tidak ingin menorehkan sejarah kelam Piala Dunia.

Belum pernah ada satupun tuan rumah Piala Dunia yang terpuruk pada rintangan pertama sejak turnamen ini mulai digelar pada 1930. Namun kekalahan Afsel 3-0 atas Uruguay di Pretoria pada Rabu kemarin, tampaknya akan menjadi preseden awal yang tak diinginkan.

Hanya kemenangan mengejutkan atas juara Piala Dunia 1998 dan runner-up 2006 Prancis - plus hasil pendukung lain - pada laga final grup Selasa depan di Bloemfontein yang bisa menyelamatkan Afsel dari kemungkinan tersingkir.

"Kami berada di posisi buruk dengan harus bergantung pada tim lain. Kami tidak menginginkan ini," kata nakhoda Bafana Bafana Aaron Mokoena seperti dilansir Reuters.

"Tidak penting untuk melihat siapa melakukan apa, apa yang salah, kesalahan wasit. Lebih penting lagi kita terus melaju dan melupakan apa yang terjadi," kata Mokoena.

"Sulit untuk mendapatkan lagi kepercayaan diri. Namun orang-orang ada di belakang kami. Kami harus meyakinkan bahwa kami akan mengembalikan rasa percaya diri jika memiliki kesempatan melawan Prancis, tim wahid yang berpengalaman."

Dalam waktu seminggu berjalannya Piala Dunia yang dipersiapkan negara ini selama enam tahun, tim tuan rumah benar-benar telah membuat gembos balon kegembiraan di Negeri Pelangi.

Tampaknya ini semua hanya masalah psikologis tim tak berpengalaman dengan pemain yang gugup saat laga pertama melawan Meksiko meskipun akhirnya kegugupan itu berhasil diatasi.

Namun setelah gawang mereka dijebol di menit ke-24 oleh Uruguay, tim Afsel tidak menunjukkan kemampuan untuk menyerang balik. Hampir tidak mungkin Bafana Bafana sanggup bangkit kembali setelah hancur di bawah ekspektasi tinggi.

Pukulan dari tim Uruguay yang menawan, terorganisir rapi, dan dinakhodai Diego Forlan yang mencetak dua gol itu terjadi setelah skor imbang 1-1 melawan Meksiko pada laga pembuka Jumat yang dilakoni Bafana Bafana dengan penampilan jauh lebih baik. (ant/row)