Nuansa Barcelona di Skuad Timnas Spanyol Saat Juara Piala Dunia 2010

Serafin Unus Pasi | 15 September 2022 20:33
Nuansa Barcelona di Skuad Timnas Spanyol Saat Juara Piala Dunia 2010
Skuat Timnas Spanyol saat menjuarai Piala Dunia 2010 (c) UEFA

Bola.net - Spanyol membawa skuat bertabur bintang pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Skuat asuhan Vicente del Bosque ini terdiri dari beberapa pemain bintang yang memperkuat klub top Eropa salah satunya Barcelona.

Barcelona sendiri memang menjadi salah satu tim Spanyol yang biasa dihuni para pemain timnas Spanyol. Namun pada Piala Dunia 2010, pemain Barcelona banyak yang dimasukan menjadi tim utama timnas Spanyol.

Terdapat tujuh nama pemain Barcelona yang berada di timnas Spanyol. Tujuh nama itu pun menjadi tulang punggung Barcelona saat memenangkan gelar La Liga maupun Liga Champions satu musim sebelumnya.

Tujuh pemain ini memang sedang dalam performa terbaiknya dalam karier sepakbolanya. Kontribusi tujuh pemain ini sangat berdampak bagi suksesnya Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010.

1 dari 3 halaman

Duet Bek Tengah Puyol-Pique

Duet Bek Tengah Puyol-Pique

Selebrasi Carles Puyol usai membobol gawang Jerman di Piala Dunia 2010 (c) FIFA

Timnas Spanyol harus berterimakasih kepada duet tangguh bek Barcelona Carles Puyol dan Gerard Pique. Kontribusi duet ini mampu membawa Spanyol meraih gelar Piala Dunia pertama mereka.

Duet bek tengah ini terkenal akan ketangguhannya di Piala Dunia 2010. Saking tangguhnya, Duet ini selalu dimainkan mulai dari laga perdana Fase Grup hingga partai puncak Piala Dunia 2010.

Tangguhnya duet Puyol-Pique mencatatkan statistic luar biasa bagi pertahanan Spanyol di Piala Dunia 2010. Memainkan tujuh laga, Spanyol perkasa dengan hanya kebobolan satu gol.

Kuatnya pertahanan Puyol-Pique sangat terlihat di partai puncak. penyerang Belanda yang terkenal akan ketajamannya itu harus menyerah untuk membobol pertahanan Spanyol.

2 dari 3 halaman

Trio Lini Tengah Barcelona

Iniesta saat berlatih di timnas Spanyol. (c) SefutbalIniesta saat berlatih di timnas Spanyol. (c) Sefutbal

Selain duet bek tengah Puyol-Pique, nuansa Barcelona juga terasa di lini tengah. Trio andalan Barcelona di lini tengah dimainkan oleh Vicente del Bosque di timnas Spanyol.

Trio Xavi Hernandez, Sergio Busquets, dan Andres Iniesta berhasil membuat permainan Spanyol memiliki cita rasa Barcelona. Operan pendek tiki-taka khas Barcelona tersaji di lini tengah timnas Spanyol.

Dengan adanya Trio Barcelona tersebut membuat lini tengah Spanyol selalu mendominasi di setiap laga. Trio ini juga yang menjadi kunci dalam mengalirkan bola ke lini serang La Furia Roja.

3 dari 3 halaman

Enam Pemain Barcelona di Final Piala Dunia 2010

Andrea Pirlo dan Xavi (c) AFPAndrea Pirlo dan Xavi (c) AFP

Kontribusi pemain Barcelona bagi timnas Spanyol di Piala Dunia 2010 sangat terlihat di partai puncak. Vicente del Bosque saat itu menurunkan enam pemain Barcelona sebagai starter.

Enam pemain itu adalah duet bek tengah Puyol-Pique, Trio Xavi-Iniesta Busquets dan ditambah Pedro Rodriguez yang bermain di sayap kanan. Hanya Victor Valdes saja pemain Barcelona yang tidak dimainkan di laga Final melawan Belanda.

Para pemain Barcelona itu pun memberikan penampilan yang mengesankan. Spanyol bahkan bisa menjuarai Piala Dunia pertama mereka berkat gol tunggal pemain Barcelona, Andres Iniesta empat menit sebelum laga usai.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR