FOLLOW US:


Okocha Sebut Sulit Bagi Pemain Afrika Rebut Ballon d'Or

10-08-2017 19:44
Okocha Sebut Sulit Bagi Pemain Afrika Rebut Ballon d'Or
Jay-jay Okocha © AFP

Bola.net - Legenda sepakbola Nigeria Jay-jay Okocha menyebut sulit bagi pemain Afrika, khususnya saat ini untuk bisa bersaing merebut trofi ballon d'Or.

Meraih trofi Ballon d'Or memang bukan hal yang mudah didapatkan. Apalagi dalam tempo satu dekade terakhir.

Sebab trofi itu didominasi oleh dua pemain terbaik dunia saat ini. Yang pertama tentu superstar Real Madrid Cristiano Ronaldo dan satunya adalah superstar Barcelona, Lionel Messi.

Di luar itu, untuk pemain dari Afrika sendiri memang nyaris tak ada pemain yang bisa bersaing meraih trofi tersebut. Tercatat, hanya ada satu pemain saja yang bisa meraihnya yakni legenda AC Milan, George Weah. Weah, yang berasal dari Liberia meraih trofi tersebut pada tahun 1995 silam.



"Sulit untuk bisa menyebutkan satu nama saat ini (siapa yang bisa bersaing untuk meraih gelar pesepakbola terbaik dunia tahun ini). Jika Anda berbicara tentang tingkat teratas pemain internasional, kami tidak menganggap diri kami cukup baik untuk bersaing di level tersebut," cetusnya pada situs resmi FIFA.

Namun eks pemain PSG ini menegaskan bahwa kedepannya bukan tidak mungkin ada pemain Afrika lain bisa bersaing memenangkan trofi tersebut. Asalkan harus ada perubahan yang harus dilakukan.

"Kita harus mengubah sikap itu, dan kemudian kita bisa menghasilkan pemain-pemain dengan kalibernya sama dengan pemain-pemain top lainnya," terangnya. (fifa/dim)