Olivier Giroud, Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah Timnas Prancis

Asad Arifin | 23 September 2022 10:06
Selebrasi Olivier Giroud dalam laga UEFA Nations League Prancis vs Austria, Jumat (23/9/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Olivier Giroud baru saja mencatatkan namanya dalam sejarah sepak bola Prancis. Sebab, Giroud baru saja menorehkan rekor sebagai pencetak gol paling tua untuk Le Blues.

Prancis berjumpa Austria pada matchday kelima Grup 1 UEFA Nations League A 2022/2023. Bermain di Stade de France, Pasukan Didier Deschamps meraih kemenangan dengan skor 2-0 dari tamunya Austria.

Austria memberi perlawanan sengit bagi Prancis. Tim racikan Ralf Rangnick mampu memaksakan skor imbang 0-0 pada babak pertama. Namun, pada babak kedua, Prancis mencetak gol dari aksi Kylian Mbappe dan Olivier Giroud.

Hasil ini membuat Prancis meraih kemenangan pertamanya dari lima laga Grup 1. Sementara, bagi Giroud, dia mencatatkan namanya dalam buku sejarah sepak bola Prancis. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Rekor Gol Olivier Giroud

Prancis membuka keran gol pada duel lawan Austria pada menit ke-56 dari aksi Kylian Mbappe. Lalu, pada menit ke-65, Giroud menggandakan keunggulan Prancis usai menerima umpan Antoine Griezmann. Giroud dimainkan sejak menit awal.

Gol tersebut punya arti penting bagi Giroud. Sempat tidak masuk dalam skuad Timnas Prancis edisi Juni 2022, kini Giroud membuktikan bahwa kualitasnya masih berada di top level.

Giroud selalu mencetak gol pada tiga laga terakhirnya bersama Timnas Prancis. Sebelumnya, Giroud juga mencetak gol pada laga melawan Afrika Selatan dan Pantai Gading.

Selain itu, dikutip dari Opta, Giroud juga tercatat sebagai pencetak gol tertua Timnas Prancis. Giroud mencetak gol ke gawang Austria pada usia 35 tahun dan 357 hari. Dia melewati rekor Roger Marche yang mencetak gol pada usia 35 tahun dan 287 hari.

2 dari 2 halaman

3 Gol Lagi, Giroud!

Penyerang timnas Prancis, Olivier Giroud, usai mencetak gol ke gawang Ukraina, Kamis (8/10/2020) (c) AP Photo

Giroud punya peluang mencatat rekor prestisius lain bersama Timnas Prancis. Sebab, Giroud hanya berjarak tiga gol dari Thierry Henry untuk menjadi top skor sepanjang masa Timnas Prancis. Saat ini, Giroud telah mencetak 49 gol untuk Le Blues.

Thierry Henry memimpin daftar top skor sementara Timnas Prancis dengan 51 gol. Giroud masih aktif bermain dan performanya masih terjaga. Jadi, peluang untuk melewati rekor milik Henry terbuka lebar.

"Giroud seseorang yang memberikan segalanya untuk tim di luar atau di dalam lapangan. Saya harus memberi selamat kepadanya, itu tidak mudah, dia memiliki mentalitas seorang pejuang," ucap pemain Timnas Prancis, Jonathan Clauss.

Sumber: L'Equipe, Opta, Goal

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR