FOLLOW US:


Pendukung Korea Utara Menarik Perhatian

16-06-2010 22:15

Bola.net - Dikelilingi suporter Brasil dengan asesori warna emas dan hijau, sekelompok kecil pendukung Korea Utara berkostum merah dari Pyongyang bersorak menyemangati tim underdog Asia itu di stadion Ellis Park, Selasa.

Mengibarkan bendera Korea Utara, menghentak-hentakkan batang kayu bersama dan menyanyikan lagu penyemangat, kelompok kecil itu menjadi pusat perhatian penonton lain maupun wartawan sebelum laga dimulai.

Korut untuk pertama kalinya sejak 1966 kembali masuk Piala Dunia dan berada di grup yang sama dengan Brasil, Portugal dan Pantai Gading di Grup G.

Mengenakan mantel dan duduk di kursi plastik stadion yang dingin, Kim Young-Chul bertepuk tangan, bersorak dan berteriak memimpin yel-yel yang dikumandangkan sekelompok pria paruh baya itu.

"Saya datang langsung dari Pyongyang," kata Kim seperti dilansir Reuters.

Ia bangga mengenakan jaket merah dan syal bercorak bendera Korut.

"Atmosfir di sini sungguh hebat."

Korut berhasil mencapai babak semifinal pada Piala Dunia 1966 di Inggris setelah membuat kejutan dengan mengalahkan Italia di babak grup.

Tidak banyak pihak yang memberi kesempatan bagi Pasukan Chollima untuk mengalahkan raksasa Amerika Selatan, Brasil atau keluar dengan selamat dari grup yang juga diisi oleh Portugal dan Pantai Gading itu.

Namun Kim tetap yakin tim kebanggaannya masih memiliki kesempatan dan ia akan melakukan apa pun untuk membantu Korut melawan Brasil.

"Jika kami bisa bersorak lebih keras lagi dengan hati, kami bisa menang," katanya sambil tersenyum menunjukkan deretan gigi yang tidak rapi.

"Satu gol cukup saya kira." (ant/row)