FOLLOW US:


Piala Dunia Wanita 2019: Amerika Serikat Juara Usai Tumpas Belanda 2-0

08-07-2019 00:11
Piala Dunia Wanita 2019: Amerika Serikat Juara Usai Tumpas Belanda 2-0
Timnas Wanita Amerika Serikat merayakan gelar juara Piala Dunia Wanita 2019 © AP Photo

Bola.net - Timnas wanita Amerika Serikat berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia Wanita 2019 usai mengandaskan Belanda dengan skor 2-0 dalam partai final yang digelar di Parc Olympique Lyonnais, Minggu (7/7).

Usai bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Amerika Serikat memecah kebuntuan lewat eksekusi penalti sang kapten, Megan Rapinoe sebelum digandakan Rose Lavelle di paruh kedua laga.

Raihan ini membuat Amerika Serikat sukses mempertahankan gelar setelah mereka juga keluar sebagai juara pada edisi 2015 lalu. KinI Amerika Serikat sudah mengoleksi gelar juara sebanyak empat kali.

Babak pertama berjalan cukup seimbang. Meski mendominasi penguasaan bola, akan tetapi Amerika Serikat dibuat kesulitan untuk menembus barisan pertahanan Belanda.

Kiper Belanda, Sari van Veenendaal tampil gemilang untuk mementahkan dua peluang beruntun Amerika Serikat yang didapat Samantha Mewis dan Alex Morgan.

Memasuki babak kedua, pelatih Amerika Serikat, Jill Ellis melakukan perubahan strategi dengan memasukkan Ali Krieger untuk menggantikan Kelley O’Hara yang mengalami cedera.

Hampir satu jam laga berjalan, wasit menunjuk titik putih setelah melihat tayangan VAR menyusul pelanggaran yang dilakukan Stefanie van der Gragt terhadap Morgan di kotak terlarang. Rapinoe yang bertindak sebagai eksekutor pun sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. USWNT kini memimpin 1-0.

Hanya delapan menit berselang, Amerika Serikat sukses menggandakan keunggulan berkat gol cantik yang dicetak Rose Lavelle. Skor 2-0 untuk kemenangan Amerika Serikat pun bertahan hingga laga usai.