FOLLOW US:


Pro Catalonia, Pique Disarankan Keluar dari Timnas Spanyol

20-02-2017 00:19

 | Gerard Pique

Pro Catalonia, Pique Disarankan Keluar dari Timnas Spanyol
Gerard Pique © AFP

Bola.net - Mantan pemain Real Madrid dan Barcelona, Alfonso Perez, menyarankan kepada Gerard Pique agar segera keluar dari timnas Spanyol. Sebab, pandangan politik pemain Barcelona tersebut tak sesuai dengan pemerintahan Spanyol.

Polemik rencana Catalonia keluar dari Spanyol terus berlanjut hingga sekarang. Warga Catalonia terus mendesak untuk menggelar referendum kemerdekaan pada bulan September 2017 mendatang. Pique diketahui berada dalam kubu pro kemerdekaan yang ditentang pemerintahan Spanyol.

Pada satu kesempatan, Pique pernah terdapati memotong bendera Spanyol dalam jersey timnas. Sikapnya itu kemudian banyak menuai kritik.

Perez melihat sikap radikal yang ditunjukkan Pique sama dengan Josep Guardiola. Pelatih Manchester City tersebut pernah membela timnas Spanyol lalu keluar untuk menyatakan dirinya masuk dalam timnas Catalonia yang tak diakui oleh FIFA. Oleh sebab itu, Perez menyarankan agar Pique mengambil keputusannya sekarang.

"Akan lebih jujur apabila Guardiola, sebagai Catalan, keluar dari tim nasional Spanyol. Saya tak menentang Catalan. Anak saya lahir di Barcelona. Jika saya orang yang radikal, ia akan lahir di Madrid atau Sevilla. Saya tak punya maksud melawan Catalan, tapi saya menolak terhadap kemerdekaan [Catalonia]," ujar Perez seperti dikutip Soccerway.

"Posisi Pique sama dengan Guardiola. Yang terjadi sekarang ia masih bermain [di timnas Spanyol] dan ketika waktu sudah tiba ia akan menjadi radikal seperti Pep Guardiola. Ia mendukung kemerdekaan di Catalonia," jelasnya.

Pique memang sudah menyatakan niatkan akan meninggalkan tim nasional Spanyol. Namun keputusan pensiun tersebut baru akan dijalani setelah Piala Dunia 2018.