FOLLOW US:


PSSI Bidik Tuan Rumah Piala Dunia 2034

03-07-2017 21:40
PSSI Bidik Tuan Rumah Piala Dunia 2034
Joko Driyono © Fitri Apriani

Bola.net - Sebuah rencana besar akan disusun oleh PSSI terkait dengan pencalonan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 yang akan datang. Namun, PSSI tidak akan bergerak sendiri melainkan juga menggandeng negara lain di Asia Tenggara.

Rencana tersebut akan dimatangkan dalam pertemuan AFF [Federasi Sepakbola Asia Tenggara] pada bulan September mendatang di Bali. Akan ada dua event penting dalam pertemuan tersebut yakni AFF Council Meeting dan AFF Awarding Night.

Terkait agenda pembahasan tuan rumah Piala Dunia 2034, hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh oleh Plt. Sekjen PSSI, Joko Driyono. Menurutnya, Indonesia akan menjadi pemimpin dari negara-negara di Asia Tenggara dalam proses pencalonan ini.

"Indonesia akan menjadi tuan rumah AFF Council Meeting sekaligus AFF Awarding Night pada 23 September 2017 di Nusa Dua Bali. Termasuk nanti membicarakan isu Piala Dunia 2034 di Indonesia," kata Joko dikutip dari Goal.

"Indonesia akan jadi consortium leader di Asia tenggara untuk membahas consortium bidding Piala Dunia 2034. Ini sudah diproses karena final bid-nya di 2026," sambung Jokdri, sapaan karib Joko Driyono.

FIFA sendiri sebelumnya memang membuka peluang bagi negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Hal tersebut sesuai dengan kebijakan mereka yang merotasi setiap penyelenggaraan agar merata di setiap kawasan.

Piala Dunia 2034 sendiri dikonfirmasi akan diikuti oleh 48 negara. Jika memang berniat menjadi tuan rumah, maka Indonesia, dan negara-negara di AFF lain, harus mengikuti proses bidding yang akan dilakukan pada tahun 2026 mendatang. (gol/asa)