FOLLOW US:


Review: Afsel Libas Guatemala

01-06-2010 09:53

 | Aaron Mokoena

Aaron Mokoena
(c)ap
Aaron Mokoena (c)ap

Bola.net - Kapten tim Aaron Mokoena menjadi pemain Afrika Selatan pertama yang memenangi pertandingan internasional (cap) ke-100 ketika tim tuan rumah Piala Dunia itu mengalahkan Guatamela 5-0 pada laga persahabatan, Senin.

Pemain bertahan Portsmouth mengenakan kaos dengan nomor 100 di bagian punggungnya, ketika timnya mencetak lima gol pada pertandingan tunggal untuk pertama kalinya dalam lebih dari 250 laga internasional sejak sepak bola negara itu berkiprah di sepak bola dunia 18 tahun lalu.

Afrika Selatan menang untuk kedua kalinya dan mereka mendapat hadiah tendangan penalti ketika memenangi laga yang berlangsung di Polokwane.

Tendangan penalti pertama terjadi pada menit ke-11 dan ini merupakan kejutan kepada kedua tim.

Gerak ulang di televisi menunjukkan, tendangan panjang dari Siphiwe Tshabalala menerpa bahu pemain bertahan Guatemala Gustavo Cabrera, tetapi ia berada di luar kotak penaltinya.

Katlego Mphela melakukan tendangan penalti sehingga timnya unggul dan tim itu menggandakan gol mereka 15 menit kemudian lewat tendangan keras Reneilwe Letsholonyane setelah terjadi bola liar ketika bek kiri Lucas Thwala membuang bola ke dalam kotak penalti.

Gol berikutnya lahir melalui serangan balik yang dibangun Mphela yang akhirnya mengoper bola kepada pemain pengganti Moriri yang dengan cepat menggetarkan jala lawan pada menit ke-48.

"Handball" yang dilakukan Cabrera membuat pemain Afrika Selatan Mphela kembali melakukan tendangan penalti pada menit ke-56 yang berakibat penambahan angka bagi mereka.

Lima menit sebelumnya, Guatemala juga mendapat hadiah tendangan penalti karena "handball" pemain Afrika Selatan, tetapi Guillermo Ramirez gagal mencetak gol karena diamankan Moeneeb Josephs.

Bernard Parker menciptakan gol kelima tim tuan rumah ketika waktu pertandingan tersisa delapan menit lagi.

Kemenangan itu membuat Afrika Selatan tampil tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan, sejak kembalinya Carlos Alberto Parreira sebagai pelatih mereka mulai November lalu.

Tim tuan rumah Piala Dunia masih menyisakan satu pertandingan persahabatan internasional di Pretoria, melawan salah satu finalis Piala Dunia, Denmark, Sabtu.

Afrika Selatan memulai pertandingan pertama mereka di Piala Dunia pada 11 Juni, melawan Meksiko. (ant/cax)