FOLLOW US:


Review: Chile Akhiri Kutukan

16-06-2010 21:00
Review: Chile Akhiri Kutukan
Pahlawan Chile, Jeam Beausejour © AFP

Bola.net - Chile sukses mencetak sejarah. Setelah 48 tahun berlalu tanpa pernah merasakan kemenangan di Piala Dunia, akhirnya kutukan mereka berakhir. Di laga melawan Honduras, La Roja sukses membekuk Honduras dengan skor tipis 1-0.

Dalam laga tersebut, Chile, seperti diprediksikan, tampil sangat perkasa. Mereka nyaris tak memberi Honduras kesempatan untuk menyusun sebuah skema serangan. Sejak menit awal, anak asuh Marcelo Bielsa ini mengurung pertahanan Honduras.

Di menit ke-3, La Roja pertama kali mengancam gawang Honduras melalui sebuah eksekusi tendangan bebas Matias Fernandez. Sayang, tendangan pemain yang kini merumput di Sporting Lisbon, ini masih tipis melayang di atas mistar gawang Honduras.

Gagal di peluang pertama, Chile terus menekan pertahanan Honduras. Baru, di menit ke-18 Honduras sukses lepas dari tekanan La Roja. Penyerang Los Catrachos, Carlos Pavon sempat mengancam gawang Chile. Sayang tendangan top skorer Honduras ini masih terlalu lemah dan melebar.

Namun, rupanya hanya sampai di situ peluang Honduras, Chile kembali menekan dan menciptakan peluang demi peluang. Alhasil, usaha La Roja tak sia-sia. Diawali sebuah umpan yang dilepas Mauricio Isla dari sayap kanan, Jean Beausejour sukses mengoyak gawang Honduras.

Di babak kedua, pertandingan tetap berjalan tak seimbang. Chile terus menekan pertahanan Honduras. Beberapa kali, mereka nyaris menggandakan keunggulan. Sebuah tendangan bebas Waldo Ponce nyaris saja merobek gawang Honduras. Sayangnya, peluang tersebut masih mampu dimentahkan penjaga gawang Honduras, Valladares.

Chile kembali memiliki peluang untuk menambah keunggulan mereka di 15 menit sebelum pertandingan usai. Sayangnya, gol gelandang, Jorge Valdivia harus dianulir wasit karena dia berada dalam posisi offside. Hingga pertandingan usai, hasil 1-0 ini tetap tidak berubah.

Dengan kemenangan ini, Chile sukses menghentikan rekor tak pernah menang dalam 13 pertandingan sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia. Terakhir, mereka menang dari Yugoslavia di perebutan posisi ketiga Piala Dunia edisi 1962.

Sementara itu, di pertandingan berikutnya, Chile bakal menghadapi Swiss, yang hingga berita ini diturunkan masih menghadapi Spanyol.  (bola/den)


Komentar Pembaca (1 komentar)
zeblon yohame, halandia
08:48 17 Juni 2010
messi tunjukan kualitasmu dam membawa argentina juara